CIMB Niaga Syariah Kampanyekan Wakaf Uang

Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga Syariah)  meningkatkan literasi masyarakat terhadap wakaf menggunakan uang. Bank pun menawarkan kemudahan melalui sistem berbasis kode QR (quick response) yang tersedia di masjid atau lembaga wakaf.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 27 Mei 2019  |  09:10 WIB

 Bisnis.com, JAKARTA– Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga Syariah)  meningkatkan literasi masyarakat terhadap wakaf menggunakan uang. Bank pun menawarkan kemudahan melalui sistem berbasis kode QR (quick response) yang tersedia di masjid atau lembaga wakaf.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan agar potensi penghimpunan dana wakaf uang dan wakaf melalui uang di bank syariah yang akan disalurkan kepada lembaga pengelola wakaf (nazhir) dapat optimal. 

Saat ini CIMB Niaga Syariah bekerjasama dengan 15 nazhir yaitu Dompet Dhuafa, PPPA Daarul Qur’an, Global Wakaf, Griya Yatim dan Dhuafa, Inisiatif Wakaf, Yayasan Wakaf BWI, Baitul Wakaf-BMH, Wakaf Al-Azhar, Rumah Wakaf, Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa-ESQ, Wakaf Daarut Tauhid Bandung, Masjid Salman ITB, Yayasan Ar-Risalah Padang, Yayasan Puspas Unair Surabaya, dan Yayasan Umat Mandiri Sejahtera.

Lembaga-lembaga tersebut mengelola dana wakaf uang dan wakaf melalui uang untuk berbagai program, mulai dari wakaf dalam bentuk instrumen keuangan, wakaf pendidikan, dan wakaf kesehatan dalam bentuk rumah sakit untuk dhuafa.

Terdapat pula wakaf untuk pembangunan masjid serta sumur di daerah kekeringan, wakaf produktif untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan wakaf Alqur’an.

Selain itu bank juga menyediakan tabungan rencana dalam bentuk tabungan iB Mapan Wakaf dengan skema hadiah wakaf dan menabung untuk wakaf. Nasabah dapat melakukan setoran rutin setiap bulan dengan akad mudharabah atau bagi hasil.

“Pada saat jatuh tempo, jumlah dana serta bagi hasilnya dapat diperuntukkan sebagai wakaf uang untuk program-program wakaf yang dikelola lembaga wakaf mitra CIMB Niaga Syariah,” ujar Pandji dalam keterangan resmi, Minggu (26/5/2019).

Adapun kampanye wakaf uang dan wakaf melalui uang dilakukan CIMB Niaga Syariah dengan road show atau berkunjung ke sejumlah masjid di Jakarta, Bogor, dan Bandung. Sepanjang bulan puasa ini setidaknya ada 4 masjid yang telah dikunjungi, yakni Masjid Raya Bintaro Jaya, Masjid Raya Bogor, Masjid Salman ITB Bandung, dan Masjid Al-Ikhlas Cipete, Jakarta Selatan.

Selain sosialisasi wakaf uang, dalam roadshow ke masjid bertajuk Ramadhan Penuh Berkah itu, CIMB Niaga Syariah menyalurkan Dana Kebajikan berupa paket sembako bagi para mustahik di sekitar masjid. Acara juga diramaikan dengan bazaar aneka produk, penyerahan bantuan sarana ibadah untuk masjid, tausiyah, dan buka puasa bersama. Dalam rangkaian kegiatan ini, CIMB Niaga Syariah juga menyalurkan Dana Kebajikan untuk pembangunan Bintaro Islamic Gateway di Masjid Raya Bintaro Jaya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wakaf, cimb niaga syariah

Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top