5 Cara Paling Efektif Mendapatkan Dana Cepat untuk Kebutuhan Mendesak

Apa yang kamu lakukan ketika dihadapkan dengan keadaan mendesak yang butuh dana cepat?
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 28 Mei 2019  |  07:34 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Apa yang kamu lakukan ketika dihadapkan dengan keadaan mendesak yang butuh dana cepat? Misalnya laptopmu untuk bekerja rusak, binatang peliharaanmu jatuh sakit, atau smartphone-mu hilang, namun kamu tak punya simpanan dana. Jawabannya tentu mencari bantuan.

Memang, idealnya dalam keadaan mendesak seperti di atas, kamu memiliki dana darurat. Dengan begitu, keuanganmu pun tak terganggu, dan kamu tak perlu mencari bantuan ke sana ke mari lagi. Namun apa boleh buat, kamu membutuhkan dana cepat saat itu juga.

Jalan satu-satunya adalah mencari sumber bantuan yang bisa memberikan dana cepat. Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu dalam membayar.

Buat kamu yang lagi butuh dana cepat, berikut beberapa alternatif cara mudah yang aman dan bisa dimanfaatkan.

Meminjam uang ke keluarga atau teman

Pepatah yang mengatakan keluarga adalah sebaik-baiknya tempat untuk kembali dan berbagi ternyata juga bisa dikaitkan dalam hal keuangan. Ketika anggota keluarga ada yang mengalami kesulitan keuangan, sudah sepatutnya yang lain turun tangan dan ikut membantu.

Anggota keluarga biasanya punya peluang besar untuk memberikan bantuan dana. Apalagi mereka sudah tahu bagaimana kebiasaan sehari-harimu, sehingga mereka lebih mudah untuk percaya dalam meminjamkan uangnya.

Namun kamu harus ekstra hati-hati karena hal ini bisa berakibat buruk pada hubungan kekeluargaan. Jika kamu mengalami kendala untuk melunasi utang tersebut, bisa-bisa hubungan keluarga atau pertemanan malah jadi runyam.

Mengajukan pinjaman ke bank

Bank juga bisa menjadi salah satu solusi yang bisa dipilih ketika kamu butuh dana mendesak. Kamu bisa memanfaatkan layanan kartu kredit, kredit dengan jaminan, atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang ditawarkan oleh bank.

Apabila kebutuhan yang harus dipenuhi berupa barang, maka lebih disarankan untuk menggunakan kartu kredit. Jika yang diperlukan adalah dana tunai, kamu bisa coba untuk ajukan kredit dengan agunan, atau KTA.

Namun opsi ini kurang tepat apabila kamu membutuhkan dana cepat untuk hitungan minggu atau hari. Sebab, pinjaman ke bank membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang.

Menggadaikan barang berharga

Menggadai barang berharga merupakan salah satu alternatif untuk kamu yang membutuhkan dana. Supaya lebih aman, sebaiknya gadaikan barang berhargamu di lembaga resmi seperti Pegadaian.

Bantuan yang akan diberikan umumnya berupa dana tunai sesuai dengan nilai barang yang digadaikan. Di Pegadaian sendiri prosesnya hanya memakan waktu selama 15 menit.

Barang yang bisa digadai antara lain TV LCD, kulkas, laptop, kamera DSLR, emas kepingan, berlian, atau BPKB motor dan mobil. Jumlah bunga yang dikenakan di Pegadaian sebesar 1.150% per 15 hari atau 3.45% per bulan.

Pengajuan di Pegadaian memang terbilang singkat. Namun sayangnya, tenor maksimal yang ditawarkan hanya 4 bulan saja. Apabila setelah 4 bulan kamu belum bisa melunasi utang yang diajukan, maka kamu bisa memperpanjang tenor, namun ada bunga tambahan mulai dari 0,75% hingga 9,20%, tergantung dari jenis barang yang digadaikan dan lama tenor.

Sedangkan jika kamu tidak kunjung membayar dan tidak memperpanjang tenor kredit, maka setelah 2 minggu, barang yang digadaikan akan dilelang. Tentu hal ini harus kamu pertimbangkan dengan matang-matang.

Meminjam lewat fintech

Fintech pinjaman online memang sedang populer belakangan ini. Proses pengajuannya yang serba mudah dan cepat menjadikan mereka dicari oleh banyak orang yang butuh dana mendesak.

Namun, kamu harus pintar-pintar dalam memilih pinjaman online yang tepat, karena banyak fintech nakal yang mengenakan bunga mencekik, dan memperlakukan nasabahnya secara asal.

Salah satu fintech terpecaya yang bisa dipilih adalah Kredivo. Memiliki cara kerja yang mirip dengan kartu kredit, bentuk pinjaman yang diberikan Kredivo berbentuk limit kredit mencapai Rp 30 juta, untuk digunakan belanja online  dan offline, serta untuk dicairkan dalam bentuk tunai.

Bunga yang dikenakan Kredivo untuk belanja mulai dari nol persen untuk tenor 30 hari, atau 2,95 persen per bulan untuk tenor 3, 6, dan 12 bulan. Sedangkan untuk pinjaman tunai, bunga yang dikenakan mulai dari 2,95 persen hingga 4 persen per bulan untuk tenor 3 hingga 6 bulan.

Kredivo telah mengantongi izin OJK, sehingga tak perlu diragukan keamanannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fintech, kredivo

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top