Di Depan Bankir, Presiden Jokowi Minta Bunga Kredit Diturunkan

Presiden Joko Widodo menilai tepuk tangan dari para hadiri itu sebagai tanda persetujuan ruang yang lebih longgar di suku bunga kredit.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 06 November 2019  |  12:00 WIB
Di Depan Bankir, Presiden Jokowi Minta Bunga Kredit Diturunkan
Presiden Joko Widodo. - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo meminta bank menurunkan suku bunga kredit di saat suku bunga acuan dari Bank Indonesia sudah turun.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato dalam acara pembukaan Indonesia Banking Expo 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11/2019) yang dihadiri para bankir.

"Saya mengajak untuk memikirkan secara serius untuk menurunkan suku bunga kredit. Negara lain sudah turun, turun, turun, kita BI-rate sudah turun, bank-nya belum," kata Jokowi.

Saat ini suku bunga acuan BI 7-Day Repo Rate berada di level 5%. Sejak 19 Agustus 2016, BI menggunakan acuan 7-Day Repo Rate sebagai suku bunga acuan yang sebelumnya memakai BI Rate.

Pernyataan Presiden Jokowi itu disambut tepuk tangan oleh para hadirin. Sembari melempar canda, Presiden menilai tepuk tangan dari para hadirin itu sebagai tanda persetujuan agar suku bunga kredit bank bisa diturunkan.

Seperti diketahui, Bank Indonesia menurunkan suku bunga menjadi 5% pada pertengahan Oktober 2019. Penurunan suku bunga acuan oleh bank sentral itu diharapkan diikuti oleh penurunan suku bunga kredit perbankan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, bank indonesia, bunga kredit, suku bunga kredit

Editor : Stefanus Arief Setiaji
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top