Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Syariah Raih Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2018

PT Bank BNI Syariah meraih penghargaan Annual Report Award (ARA) 2018 kategori private keuangan non-listed.
Nasabah beraktivitas di mesin ATM Bank BNI Syariah (BNIS) di Jakarta, Senin (1/7/2019)./Bisnis-Himawan L Nugraha
Nasabah beraktivitas di mesin ATM Bank BNI Syariah (BNIS) di Jakarta, Senin (1/7/2019)./Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank BNI Syariah meraih penghargaan Annual Report Award (ARA) 2018 kategori private keuangan non-listed pada Kamis (14/11/2019) di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta.  

Direktur Keuangan & Operasional  BNI Syariah Wahyu Avianto mengatakan dengan diraihnya Annual Report Award ini, diharapkan bisa mendukung kinerja perusahaan ke depannya. Penghargaan ini diharapkan bisa turut meningkatkan kualitas tata kelola dan kualitas informasi BNI Syariah pada stakeholders.

“Alhamdullilah BNI Syariah pada Annual Report Award 2018 meraih penghargaan juara 3 kategori private keuangan non listed, hal ini tentunya berkat dukungan dan kepercayaan nasabah dan seluruh stakeholders,” kata Wahyu lewat keterangan tertulis.

Dia mengungkapkan penghargaan tersebut didapatkan seiring dengan kinerja BNI Syariah yang terus membaik di atas kinerja industri perbankan syariah. Menurut Wahyu, BNI Syariah bertekad untuk tumbuh lebih baik lagi dan mewujudkan cita - cita menjadi “modern and global transactional Islamic banking”.

Tahun 2018, dalam rangka memperkuat kinerja dan untuk mengantisipasi era perubahan yang semakin cepat, BNI Syariah mengambil inisiatif untuk melakukan transformasi.

BNI Syariah melakukan optimalisasi organisasi, peningkatan kualitas SDM, penyempurnaan produk & layanan dan memperkuat sinergi dengan BNI Induk. Sejalan dengan program transformasi tersebut, BNI Syariah juga melakukan transformasi jaringan dan digital dengan memperkuat layanan digital banking.

Wahyu menuturkan hingga akhir tahun 2018, program transformasi yang dijalankan BNI Syariah berjalan dengan baik yang tampak dari peningkatan capaian kinerja perseroan.

Sepanjang 2018, BNI Syariah telah mentransformasi 106 outlet mikro, dari yang sebelumnya bersifat dedicated hanya untuk pemasaran pembiayaan mikro, menjadi outlet reguler yang bersifat general banking sehingga dapat melayani seluruh produk & layanan perbankan BNI Syariah. Dengan transformasi ini, terjadi peningkatan yang signifikan pada profitabilitas bisnis mikro dan juga outlet transformasi di 2018. 

Selain itu, perseroan juga bertransformasi ke arah digital banking. Sebagai langkah awal, pada tahun 2018 BNI Syariah membentuk Divisi Digital Banking dan juga Divisi Transactional Banking. Kedua divisi tersebut diharapkan mampu menunjang pertumbuhan usaha BNI Syariah secara jangka panjang dan sebagai strategi untuk meningkatkan fee based income bank, mengingat potensi dari digital banking dan transactional banking ke depan sangat besar.

Dari sisi sumber daya manusia (SDM), perseroan juga melakukan sejumlah pembenahan, antara lain dalam aspek capabilities development di mana BNI Syariah memberikan sejumlah pelatihan, sertifikasi serta Talent Management. 

Tema annual report 2018 BNI Syariah adalah Leading Transformational Change. ARA 2018 memiliki terobosan baru dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan dengan memakai sistem pakar untuk penilaian laporan tahunan 2018.

Sistem ini, selain untuk memberikan kecepatan proses penilaian juga memberikan kesempatan pada peserta untuk mendapatkan umpan balik dari dokumen yang diserahkan secara cepat dan konsisten.

Annual Report Award (ARA) merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan kerja sama antara Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian BUMN,  Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, Bursa  Efek Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Perhelatan ini merupakan yang ke-17 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002. Tujuan dan maksud diselenggarakannya ARA adalah peningkatan kualitas informasi dan governance melalui Annual  Report atau buku laporan tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper