Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Danamon Lepas Kendali Pada Asuransi Adira

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. melepas 70% kepemilikan saham pada anak usahanya, PT Asuransi Adira Dinamika Tbk. kepada Zurich Insurance Company Ltd.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 28 November 2019  |  15:30 WIB
Direktur Bank Danamon Yasushi Itagaki yang akan menjabat sebagai Direktur Utama per 1 Oktober 2019. - Repro/danamon.co.id
Direktur Bank Danamon Yasushi Itagaki yang akan menjabat sebagai Direktur Utama per 1 Oktober 2019. - Repro/danamon.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk. melepas 70% kepemilikan saham pada anak usahanya, PT Asuransi Adira Dinamika Tbk. kepada Zurich Insurance Company Ltd.

Pengumuman ini merupakan lanjutan dari penandatanganan perjanjian penjualan dan penyertaan saham bersyarat (CSSA) pada 27 September 2018 antara Bank Danamon dengan Zurich untuk penjualan kepemilikan saham di Asuransi Adira.

Berdasarkan klausul transaksi, Zurich kini mengantongi 80% saham Asuransi Adira. Hal itu dengan rincian 70% sebelumnya saham milik Danamon dan 10% saham minoritas.

Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki mengatakan hasil dari penjualan kepemilikan saham Asuransi Adira ini akan dialokasikan untuk memperkuat perusahaan termasuk pengembangan infrastruktur.

Selain dana hasil penjualan juga akan digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan nasabah, dan potensi penambahan pendapatan kepada pemegang saham Danamon dalam bentuk dividen.

Bank Danamon akan melanjutkan kerja sama dengan Asuransi Adira, karena masih tetap menjadi pemegang saham minoritas. Sebelumnya perseroan pun telah menjalin perjanjian asuransi umum dengan Asuransi Adira untuk mendistribusikan produk melalui jaringan distribusi Danamon Group. Kemitraan strategis dengan Zurich akan memberikan akses nasabah Danamon Group ke beragam produk asuransi insititusi global terkemuka.

Itagaki juga menyampaikan bahwa Asuransi Adira merupakan bagian penting dari Danamon Group. “Kami yakin investasi dari Zurich, yang merupakan salah satu penyedia asuransi umum terkemuka di dunia, akan lebih memperkuat Asuransi Adira dan menambahkan nilai tambah kepada para pemegang polis serta para pemangku kepentingan lainnya,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (28/11/2019).

Lebih jauh, Itagaki juga yakin, kerja sama antara Danamon, Asuransi Adira, dengan Zurich, memungkinkan bank untuk meningkatkan penetrasi pasar di segmen kunci perusahaan, yakni konsumer, usaha kecil menengah (UKM), komersial, dan Adira Finance. Kerja sama ini juga akan menghasilkan potensi pendapatan nonbunga atau fee based income (FBI).

Adapun dengan demikian, saat ini Zurich sudah menjadi pemegang saham pengendali Asuransi Adira. Melalui investasi Zurich, Asuransi Adira akan mendapatkan akses terhadap keahlian international serta kapabilitas underwriting, digital dan manajemen risiko terbaik. Pengalaman global dan keahlian produk Zurich akan memberikan nilai tambah kepada para pemegang polis Asuransi Adira.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi adira dinamika bank danamon
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top