Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Permintaan Kredit Konsumsi Akhir Tahun Ini Ditaksir Tidak Sebesar Idulfitri

PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. memperkirakan pertumbuhan kredit konsumsi akhir tahun ini tidak akan setinggi momen ketika hari raya Idulfitri dan tahun ajaran baru sekolah.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 04 Desember 2019  |  18:48 WIB
Bank Woori Saudara
Bank Woori Saudara

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. memperkirakan pertumbuhan kredit konsumsi akhir tahun ini tidak akan setinggi momen ketika hari raya Idulfitri dan tahun ajaran baru sekolah.

Direktur Konsumer Bank Woori Saudara M. Tri Budiono mengatakan hingga akhir tahun perseroan menargetkan kredit konsumsi dapat tumbuh hingga 10% secara tahunan (year-on-year/yoy). Menurutnya, permintaan kredit konsumsi pada penghujung 2019 akan berjalan normal.

“Untuk penghujung akhir tahun permintaan kredit konsumtif masih berjalan normal karena kebutuhan masyarakat untuk natal dan tahun baru masih berlangsung walaupun tidak sebesar saat lebaran dan masuk tahun ajaran baru,” ujar Tri kepada Bisnis, Selasa (3/12/2019).

Selama ini bank berkode saham SDRA itu fokus menyalurkan pembiayaan konsumsi ke segmen captive market. Salah satu sektor yang disasar dari segmen ini adalah kredit pensiun dan pegawai.

Tri optimistis pertumbuhan kredit konsumsi akan mencapai 10% secara yoy pada akhir tahun. Keyakinan ini dimiliki meski berdasarkan data hingga kuartal III/2019 pertumbuhan kredit konsumsi mengalami perlambatan secara industri.

“Sepanjang T&C dan Service Level Agreement kompetitif, produk akan tetap diminati calon debitur, dan kami berusaha untuk mencapai target yang ditentukan yaitu kenaikan 10% dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sebagai pengingat, hingga kuartal III/2019 penyaluran kredit konsumsi industri perbankan tumbuh 6,9% yoy menjadi Rp1.580 triliun. Pertumbuhan ini melambat dibandingkan periode sama pada 2018 yang masih mencapai 11,5% yoy.

Perlambatan ini juga tecermin dari kondisi kuartal-kuartal sebelumnya. Pada Juni 2019, kredit konsumsi masih tumbuh 7,7% yoy. Bahkan, di kuartal I/2019 kredit segmen ini tumbuh 9% yoy.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank saudara Kredit Konsumer
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top