Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Siapkan Dana Rp21,2 Triliun untuk Liburan Akhir Tahun

BTN menyebut fakta bahwa umumnya kebutuhan likuiditas secara tunai naik hingga 20% saat musim liburan akhir tahun. Karena itu, perseroan mencadangkan uang tunai dalam jumlah besar di periode tersebut.
Aktivitas layanan nasabah di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk  (BTN), di Jakarta, Rabu (2/1/2018)./Bisnis-Dedi Gunawan
Aktivitas layanan nasabah di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), di Jakarta, Rabu (2/1/2018)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyiapkan dana senilai Rp 21,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat jelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dalam keterangan tertulis kepada wartawan, BTN menyebut fakta bahwa umumnya kebutuhan likuiditas secara tunai naik hingga 20% saat musim liburan akhir tahun. Karena itu, perseroan mencadangkan uang tunai dalam jumlah besar di periode tersebut.

Alokasi dana sebesar Rp 21,2 triliun disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai yang diprediksi terjadi mulai 20 Desember hingga 5 Januari 2020. Sebanyak 25% dari dana tersebut akan didistribusikan ke mesin ATM BTN, dan sisanya sekitar Rp15,9 triliun dianggarkan untuk kas pada Kantor Cabang.

“Likuiditas yang kami siapkan menyesuaikan dengan tren masyarakat yang saat ini makin aktif  melakukan transaksi non tunai dan memanfaatkan fitur layanan transaksi digital baik lewat mobile banking dan LinkAja,” kata Direktur Utama BTN Pahala N. Mansury di Jakarta, Kamis (19/12).

Hingga kini BTN memiliki 2.160 ATM yang terhubung dengan jaringan ATM Link. Emiten berkode BBTN ini juga memiliki 969 outlet untuk melayani nasabah perseroan di seluruh Indonesia.

Berdasarkan catatan BTN, per November 2019 pertumbuhan transaksi yang dilakukan di kanal digital perseroan meningkat 12% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi 256,12 juta transaksi. Jumlah ini merupakan transaksi perbankan melalui internet banking, ATM, mobile banking, debit, dan layanan digital lain.

“Masyarakat sudah mulai melek IT dan ini merupakan peluang bagi bank untuk menyesuaikan diri menangkap kebutuhan itu. Kami sudah siapkan produk layanan berbasis digital yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru,” katanya.

BTN juga memastikan tetap melayani nasabah seperti biasa di hari libur atau cuti bersama akhir tahun. Akan tetapi, layanan yang diberikan bersifat terbatas sesuai jadwal kliring dari regulator.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lalu Rahadian

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper