Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambah Modal, Bank Banten (BEKS) Bakal Terbitkan 400 Miliar Saham

BPD Banten akan menggelar aksi rights issue dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 400 miliar saham dengan harga nominal Rp3 per saham. Apa tujuannya?
Bank Banten/Bisnis
Bank Banten/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. akan melakukan penambahan modal dengan menggelar aksi Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI dan VII pada kuartal pertama tahun ini. 

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (20/1), BPD Banten akan menggelar aksi rights issue dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 400 miliar saham dengan harga nominal Rp3 per saham.

"Tujuannya adalah mendukung pelaksanaan fungsi intermediasi perseroan," tulis manajemen Bank Banten dalam prospektus yang dipublikasikan Senin (20/1/2020).

Untuk memuluskan rencana aksi korporasi tersebut, emiten berkode saham BEKS itu akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 26 Februari 2020 untuk meminta restu pemegang saham.

Saat ini, harga pasar saham BEKS per 20 Januari 2020 berada di level Rp50 per saham. Apabila mengacu pada harga tersebut, BEKS berpotensi mendapat dana segar sekitar Rp2 triliun dari aksi rights issue  ini.

Bank Banten tercatat memiliki modal inti sebesar Rp212,40 miliar per September 2019. Adapun, jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh mencapai 64,1 miliar saham dengan nilai nominal Rp2,03 triliun.

Setelah rights issue, jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh BEKS diproyeksi mencapai 464,1 miliar saham dengan nilai nominal Rp3,23 triiliun.

Corporate Secretary BPD Banten Chandra Dwipayana dalam keterbukaan informasi tersebut menyampaikan selain untuk mempertebal modal, aksi korporasi ini dilakukan perseroan guna mendorong ekspansi penyaluran kreditnya.

"Perseroan melaksanakan PUT dengan alasan pemenuhan kebutuhan modal dalam upaya meningkatkan keunggulan kompetitif," ujarnya.

Posisi modal ini akan semakin mempermudah perseroan untuk comply dengan batas minimum modal inti bank umum kelompok usaha (BUKU) I yang bakal dinaikkan hingga Rp3 triliun pada 2022.

Sebelumnya, Direktur BPD Banten Kemal Idris sempat mengatakan bahwa bank tengah fokus pada pembenahan kinerja. Dia berharap otoritas dapat memisahkan bank pembangunan daerah dari aturan batas bawah permodalan bank umum konvensional.

“Harapan kami ada evaluasi tidak semata-mata pada besaran modal kurang dari Rp1 triliun. Beberapa layanan yang berhubungan dengan pemda harusnya tidak melihat besaran modal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper