Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Muamalat Incar Penyaluran Kredit Rp200 Miliar Kepada Ormas Hidayatullah

Bank Muamalat tahun ini mengubah model bisnis dengan meningkatkan posisi pembiayaan ritel yang saat ini 35 persen menjadi 65 persen.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  22:22 WIB
Karyawan melayani nasabah di Bank Muamalat Cabang Makassar, Sulawesi Selatan. Bisnis - Paulus Tandi Bone
Karyawan melayani nasabah di Bank Muamalat Cabang Makassar, Sulawesi Selatan. Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. menargetkan menyalurkan kredit produktif baru sebesar Rp200 miliar kepada Organisasi Masyarakat Hidayatullah pada tahun ini.

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana menyebutkan hingga akhir 2019, perseroan telah menyalurkan Rp93 miliar kepada Hidayatullah. Luasnya jaringan lembaga ini akan menjadi peluang bisnis bagi Muamalat.

"Hidayatullah adalah salah satu partner strategis bagi kami. Kami terus melihat perkembangan bisnis mereka. Kami cukup otimistis bisa menyalurkan pembiayaan Rp200 miliar tahun ini," katanya, Rabu (12/2/2020).

Dia menjelaskan, ormas ini memiliki jaringan bisnis mencakup 580 pesantren, 310 sekolah dan perguruan tinggi.

Hidayatullah juga menjalankan toko ritel Sakinah Mart, serta beberapa perusahaan lainnya.

Permana menyebutkan, Hidayatullah juga memiliki sistem pemantauan risiko yang baik, sehingga setiap perkembangan dan isu-isu penting di setiap usaha dilaporkan secara lengkap kepada pengurus ormas pusat.

"Hal ini juga yang berhasil membuat rasio non performing financing dari Ormas ini 0%. Mereka selalu taat bayar dan membuat kami yakin unutk penambahan plafond selanjutnya.

Di luar itu, permana menyebutkan sektor ritel akan menjadi segmen yang akan difokuskan oleh Bank Muamalat ke depan. Perseroan akan terus meningkatkan kerjasama dengan pelaku usaha ritel, dan berharap dapat membalik posisi ritel yang saat ini 35 persen menjadi 65 persen.

"Pembiayaan korporasi memang masih ada. Namun, ke depannya kami mau balik posisi, dan buat Ritel menjadi bisnis andalan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank muamalat
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top