Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perombakan Direksi BNI, Apakah Achmad Baiquni Diganti?

Beredar kabar bahwa Direktur Utama BNI Achmad Baiquni bakal digantikan oleh wakilnya, Herry Sidharta.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 20 Februari 2020  |  10:52 WIB
Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Achmad Baiquni.Bisnis - Abdullah Azzam
Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Achmad Baiquni.Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Rapat umum pemegang saham tahunan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. akan menentukan pergantian penggurus bank hari ini, Kamis (20/2/2020), selain menentukan besaran dividen yang musti disetorkan kepada pemodal.

Beredar kabar bahwa Direktur Utama BNI Achmad Baiquni bakal digantikan oleh wakilnya, Herry Sidharta. “Kabarnya Pak Baiquni [Achmad Baiquni] diganti Pak Herry [Herry Sidharta],” ujar sumber Bisnis, Rabu (20/2/2020).

Herry dan Baiquni merupakan satu gerbong saat diangkat menjadi direksi BNI. Mereka ditunjuk pemegang saham pada 17 Maret 2015. Saat itu Herry menjadi Direktur Bisnis Korporasi, dan Baiquni sebagai direktur utama. Kemudian pada Maret 2017 Herry diangkat menjadi wakil direktur utama.

Baiquni sendiri baru saja ditetapkan sebagai dirut pada periode kedua pada akhir tahun lalu. Sebelum menjadi dirut, Baiquni sempat menjadi Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (2010 - 2015), Direktur Bisnis Usaha Kecil Menengah dan Syariah BNI (2008 - 2010), Direktur Korporasi BNI (2006 – 2008), dan Direktur Konsumer BNI (2003 - 2006).

Herry sebelum menjadi direksi BNI, sempat menjadi Direktur SDM dan Umum Perum Jamkrindo (2014 - 2015), Direktur Operasi Perum Jamkrindo (2013 - 2014), Direktur Keuangan Perum Jamkrindo (2011 - 2013), dan pemimpin divisi beberapa lini bisnis BNI (2008-2010).

Sementara itu, pengganti Herry di kursi Wadirut BNI masih teka-teki. Sempat beredar nama Sulaiman Arif Arianto, mantan Wadirut Bank Mandiri bakal bergeser ke BNI. Sulaiman juga sempat digadang-gadang menjadi BNI-1.

Rapat pemegang saham BNI diagendakan siang ini pukul 14.00 WIB. Dalam dua hari sebelumnya, BRI dan Bank Mandiri telah melakukan perombakan penggurus.

Pemegang saham BRI telah menunjuk Komisaris Utama Kartika Wirjoatmodjo yang saat ini juga sebagai Wakil Menteri BUMN. Kartika sebelumnya menjabat komisaris utama di Bank Mandiri. BRI juga menunjuk Ari Kuncoro sebagai wakil komisaris utama yang sebelumnya menjabat komisaris utama BNI.

Adapun, pengganti Kartika di Bank Mandiri adalah Chatib Basri, mantan Menteri Keuangan, yang sebelumnya menjabat wakil komisaris utama di bank berlogo pita kuning itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni Achmad Baiquni
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top