Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

OJK Siapkan Pembatasan Bancassurance, Simas Jiwa: Kami akan Sesuaikan Produk

Industri asuransi akan patuh pada kehendak regulator.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 26 Februari 2020  |  23:24 WIB
Ilustrasi. - Bisnis
Ilustrasi. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — PT Asuransi Simas Jiwa menyatakan akan melakukan penyesuaian produk jika Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai melakukan pembatasan produk bancassurance.

Direktur Utama Simas Jiwa Soegeng Wibowo menjelaskan pihaknya akan mematuhi apapun keputusan OJK sebagai regulator. Namun, pelaku industri memerlukan penyesuaian rencana bisnis jika pembatasan produk bancassurance tersebut berlaku.

"Apapun keputusan OJK akan kami laksanakan, kami akan sesuaikan produk-produk yang diizinkan untuk dijual," ujar Soegeng kepada Bisnis, Rabu (26/2/2020).

Dia berharap apapun keputusan otoritas akan memberikan dampak positif bagi industri asuransi.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan bahwa pihaknya akan meninjau kembali banyaknya produk asuransi yang dipasarkan melalui kanal bancassurance. Secara khusus, otoritas akan menyoroti produk-produk asuransi yang mengandung investasi.

"Jadinya harus kami luruskan ke depan, instrumen mana saja yang boleh dijual lewat perbankan. Kalau itu proteksi oke lah, kalau investasi nanti dulu, akan kami lihat," ujar Wimboh pada Rabu (26/2/2020).

Menurutnya, otoritas telah melakukan diskusi panjang lebar bersama Bank Indonesia mengenai rencana pembatasan tersebut. Hasilnya, otoritas akan membuat ketentuan mengenai produk asuransi seperti bagaimana yang boleh dipasarkan melalui bancassurance.

Langkah itu merupakan bagian dari rencana otoritas untuk memperbaiki sektor jasa keuangan yang saat ini sedang menjadi sorotan, khususnya industri asuransi jiwa. Menurut Wimboh, OJK akan melakukan perbaikan secara menyeluruh, mulai dari industri asuransi, pasar modal, dan sektor-sektor lainnya yang berkaitan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ojk bancassurance
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top