Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Antisipasi Dampak Corona, BFI Finance Lakukan Stress Test

Upaya itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi kondisi terburuk akibat kondisi saat ini.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 07 April 2020  |  21:07 WIB
Direktur Keuangan PT BFI Finance Indonesia Tbk Sudjono (kanan) didampingi Direktur Pemasaran Sutadi memberikan penjelasan saat berkunjung ke kantor redaksi Bisnis Indonesia, di Jakarta, Senin (14/1/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Direktur Keuangan PT BFI Finance Indonesia Tbk Sudjono (kanan) didampingi Direktur Pemasaran Sutadi memberikan penjelasan saat berkunjung ke kantor redaksi Bisnis Indonesia, di Jakarta, Senin (14/1/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT BFI Finance Indonesia. Tbk (BFIN) telah melakukan beberapa kali stress test untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menghadapi dampak pelemahan ekonomi akibat virus corona (COVID-19).

Direktur Keuangan BFI Finance Sudjono menjelaskan upaya itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi kondisi terburuk akibat kondisi saat ini.

"Kami melakukan beberapa stress test untuk mengetahui seberapa kuat balance sheet kami, termasuk berapa besar cadangan yang diperlukan," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (7/4/2020).

Dia mengaku untuk detail hasil tes tersebut belum bisa dibagikan, karena bukan bersifat informasi publik.

Sebelumnya BFI Finance mencatat pendapatan sepanjang 2019 lalu mencapai Rp5,2 triliun, atau naik 4,4 persen dibandingkan dengan akhir 2018 yang senilai Rp5,01 triliun.

Total piutang pembiayaan tahun lalu BFI Finance mencapai Rp4,99 triliun, tumbuh 2,08 persen secara tahunan dibandingkan akhir 2018 yang senilai Rp4,89 triliun. Sementara itu, beban perusahaan mencapai Rp4,14 triliun atau naik 30,5 persen dari posisi Rp3,17 triliun di akhir 2018.

Kenaikan biaya operasional yang signifikan ini karena harus melakukan penyelesaian kasus sengketa hukum dengan eks pemegang saham BFI. 

Proses yang berlangsung sejak awal 2000 tersebut telah dicatat seluruh biayanya pada 2019, sehingga diharapkan ke depannya perusahaan dapat tumbuh lebih sehat tanpa terganggu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bfi finance Virus Corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top