Inspirasi dari UMKM, Sang Juru Selamat

Usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM selalu mampu bertahan kendati berulang kali krisis menghantam negeri ini. Kekebalan serupa tentu diharapkan tetap menyala, sekalipun kini harus bertarung dengan pagebluk Covid-19.
Pengrajin menyelesaikan pembuatan alas sepatu di Jakarta, Jumat (17/1). Bisnis/Abdullah Azzam
Pengrajin menyelesaikan pembuatan alas sepatu di Jakarta, Jumat (17/1). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA-Usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM selalu mampu bertahan kendati berulang kali krisis menghantam negeri ini. Kekebalan serupa tentu diharapkan tetap menyala, sekalipun kini harus bertarung dengan pagebluk Covid-19.

UMKM sejak dulu telah membuktikan perannya menjaga denyut nadi ekonomi bangsa. Pada krisis moneter 1997/1998, saat perusahaan besar tumbang, perbankan kolaps, UMKM tetap bernapas dan menghidupkan rakyat kecil.

Namun, ujian yang kini mendera UMKM jauh berbeda. Kerusakan ekonomi akibat pandemi Covid-19 melampaui krisis moneter dua dekade silam. Daya rusak Covid-19 terhadap perekonomian terlampau cepat dan luas.

Dalam situasi saat ini, peran UMKM sebagai sang juru selamat lagi-lagi diuji. Pemerintah bakal sangat mengandalkan UMKM sebagai salah satu pilar perekonomian nasional, untuk menjadi jalan keluar dalam menyelamatkan ekonomi masyarakat, utamanya dalam rangka penciptaan lapangan kerja.

Problemnya, hingga kini belum semua wirausaha UMKM memiliki tata kelola yang baik, sehingga sulit mengembangkan usahanya. Belum lagi, persoalan permodalan ataupun mengakses lembaga pembiayaan.

Karena itu, perbankan juga memiliki peran penting dalam pengembangan usaha entrepreneur, terutama di sektor UMKM. Perbankan dapat memberikan permodalan, bahkan memberikan pembinaan hingga perbaikan tata kelola khususnya dari aspek keuangan.

Dengan pendampingan dan bantuan modal dari perbankan, UMKM dapat meningkatkan daya ungkitnya dalam memberdayakan masyarakat di sekitarnya. Saat ini, tak sedikit UMKM yang didampingi oleh institusi perbankan telah mencapai keberhasilan dan menjadi inspirasi.

Untuk itulah, Bisnis Indonesia berinisiatif menghadirkan kolom Inspirasi Wirausaha sebagai informasi yang inspiratif agar menggugah motivasi kita semua untuk bangkit dan kian kreatif di tengah pandemi Covid-19.

Kami akan menginformasikan kisah sukses sejumlah entrepreneur dari kelompok UMKM, secara rutin setiap edisi Senin dan Kamis. Rangkaian kolom Inspirasi Wirausaha ini akan ditutup dengan laporan khusus satu halaman yang bakal disampaikan secara lebih komprehensif.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper