Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berlaku Mulai 1 Juli 2020, Untuk Apa Wajib PIN Kartu Kredit?

Berdasarkan survei yang dilakukan AKKI bersama dengan Visa, satu dari empat pemegang kartu kredit di Indonesia masih belum mengaktifkan PIN pada kartu kredit mereka.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 23 Juni 2020  |  15:29 WIB
Ilustrasi - Lifehacker
Ilustrasi - Lifehacker

Bisnis.com, JAKARTA - Mulai 1 Juli 2020, aturan penggunaan personal identification number (PIN) enam digit untuk pemegang kartu kredit mulai diberlakukan.

Direktur Eksekutif Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta aturan tersebut untuk melindungi pemegang kartu kredit.

"Aturan ini sebagai bentuk untuk meminimalisir penyalahgunaan kartu kredit," ujarnya dalam konferensi pers Kampanye WAJIPIN secara virtual, Selasa (23/6/2020).

Steve mengatakan berdasarkan survei yang dilakukan bersama dengan Visa, satu dari empat pemegang kartu kredit di Indonesia masih belum mengaktifkan PIN pada kartu kredit mereka.

Padahal berdasarkan survei yang sama juga, sebanyak 80 persen koresponden sudah terinfokan dan mengetahui tenggat waktu aktivasi PIN tersebut.

Lebih jauh dia menyebutkan ada beberapa tips agar PIN kartu kredit tetap terjaga aman, misalnya pengguna kartu harus membuat PIN yang sulit diketahui orang lain, lebih baik hanya diketahui oleh pemegang kartu.

Di samping itu, pemegang kartu sebaiknya mengganti PIN secara berkala, misalnya setiap 6 bulan sekali atau berdasarkan periode tertentu.

"Ada sugesti yang mengatakan setiap 6 bulan atau periode tertentu. Nasabah juga selalu dianjurkan untuk mengganti PIN oleh bank," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Lifestyle Influencer Jonathan End juga menyampaikan beberapa tips. Menurut Jonathan, dalam membuat PIN, sebaiknya tidak menggunakan angka yang berurutan dan hindari repetisi.

Selain itu, jagan menyamakan PIN dengan PIN anggota keluarga lainnya dan PIN di kartu kredit juga sebaiknya dibedakan dengan PIN kartu debit.

"Jangan catat dikertas dan disimpan di dompet. PIN juga jangan menggunakan tanggal lahir. Kemampuan orang mengingat pada umumnya sangat terbatas, yang diingat hanya yang familiar, jadi hindari pengunaan PIN dari tanggal lahir," katanya.

Jonathan menambahkan, jangan beritahukan PIN kepada siapapun, termasuk pertanyaan-pertanyaan di sosial media terkait PIN, juga ke pihak bank.

"Jika bisa, usahakan menggunakan pattern, atau coba menggunakan PIN yang sifatnya personal, yang benar-benar kamu tahu," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu kredit akki
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top