Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukungan Bosowa ke Kookmin jadi Sentimen Positif bagi Bank Bukopin

Berdasarkan surat Bosowa ke Kookmin Bank yang diterima Bisnis pada Minggu, (28/6/2020), Grup Bosowa sepenuhnya mendukung rencana Bank Bukopin untuk menjalankan PMTMHMETD.
Bank Bukopin/Sumber: Laman Web Bosowa
Bank Bukopin/Sumber: Laman Web Bosowa

Bisnis.com, JAKARTA -- Para pemegang saham PT Bank Bukopin Tbk. mulai satu suara dan fokus pada pengembangan perseroan, salah satunya ditandai dengan dukungan Bosowa kepada Kookmin. Hal ini pun dinilai menjadi sentimen positif bagi kinerja Bank Bukopin.

Berdasarkan surat Bosowa ke Kookmin Bank yang diterima Bisnis pada Minggu, (28/6/2020), Grup Bosowa sepenuhnya mendukung rencana Bank Bukopin, yang telah menerima dukungan penuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk menjalankan Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTMHMETD).

Kookmin Bank akan menjadi satu-satunya pengambilbagian saham dan kemudian menjadi satu satunya pemegang saham pengendali Bank Bukopin setelah diselesaikannya PMTMHMETD tersebut.

Bosowa berjanji akan kesanggupannya sehubungan dengan hal Kookmin Bank akan menempatkan US$200 juta di sebuah rekening escrow yang akan dibuka atas nama bank asal Korea Selatan tersebut di BBKP, yang akan digunakan untuk tujuan setoran modal dan/atau pengambilbagian saham baru.

Bosowa juga menyatakan sanggup atas Kookmin Bank akan memiliki 67 persen dari seluruh modal saham yang diterbitkan dalam BBKP.

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee berpendapat mulai bersatunya suara para investor Bank Bukopin merupakan sentimen positif.

"Bagi Bank Bukopin ini akan sangat baik. Bagaimana pun yang utama adalah keberlangsungan bisnis perseroan," katanya, Minggu (28/6/2020).

Dia berpendapat Kookmin Bank akan mampu menyuntik modal lebih banyak tanpa harus memaksa Bank Bukopin untuk menerbitkan saham baru.

Selanjutnya, Kookmin Bank pun mampu memberi penempatan dana berbiaya murah yang mampu menekan cost of fund Bank Bukopin, serta mampu memberikan transfer teknologi bagi perseroan, yang gencar melakukan transformasi digital banking.

Alhasil, dia melanjutkan, kepercayaan dari nasabah dan investor pun akan kembali sehingga Bank Bukopin dapat melewati tekanan ekonomi akibat pandemi ini dengan lebih baik.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan pun berpendapat serupa.

"Tentu kondisi ini semakin memuluskan langkah Kookmin Bank sebagai pemegang saham mayoritas Bank Bukopin. Pada akhirnya akan bermanfaat pula pada perbaikan kinerja perseroan," ujarnya.

Di lain pihak, Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik Anto Prabowo mengatakan otoritas menyebutkan masih belum mendapat update terkait dengan dukungan Bosowa terhadap Bank Bukopin tersebut.

"Namun, jika dokumen yang diterima Bisnis itu benar, maka tentu bisa berdampak positif untuk Bank Bukopin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper