Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabar Pasar: Gairah Kredit Bank Daerah, Fungsi BI Diamputasi

Pertumbuhan kredit BPD tercatat 8,23 persen secara year on year (yoy) per Juli 2020, jauh di atas angka industri yang hanya 1,53 persen pada periode yang sama tahun lalu menjadi sorotan harian Bisnis Indonesia, Selasa (1/8/2020).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 01 September 2020  |  09:35 WIB
Kantor Bank Jateng - bankjateng.co.id
Kantor Bank Jateng - bankjateng.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Membaiknya kinerja bank pembangunan daerah (BPD) di tengah melambatnya kredit industri perbankan menjadi sorotan harian Bisnis Indonesia edisi Selasa (1/9/2020).

Berikut beberapa rincian isu-isu terkini seputar perekonomian Indonesia:

Gairah Kredit Bank Daerah. Pertumbuhan kredit BPD tercatat 8,23 persen secara year on year (yoy) per Juli 2020, jauh di atas angka
industri yang hanya 1,53 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Pasokan Domestik Bisa Terancam. Langkah pemerintah memperbarui syarat importasi sejumlah barang konsumsi dinilai bisa berdampak pada ketersediaan produk di pasar domestik.

31 Vaksin Diuji Klinis. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mendata hingga 25 Agustus 2020, sebanyak 31 vaksin Covid-19 sudah masuk dalam tahap uji klinis.

Titik Terang Industri Pupuk. Persoalan pasokan dan harga gas ke industri pupuk mulai menunjukkan titik terang, sejalan dengan kerja
sama yang dilakukan oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk. dengan PT Pupuk Kujang dan PT Pupuk Iskandar Muda.

Konsumi Diyakini Cepat Pulih. Sektor konsumsi bakal menjadi andalan pemerintah daerah untuk memperbaiki laju pertumbuhan ekonomi pada paruh kedua tahun ini.

Kondisi DKI Jakarta Tak Ideal. Pennambahan kasus baru Covid-19 di DKI Jakarta meningkat signifi kan dalam sepekan terakhir yang membuat ketersediaan tempat tidur di rumah sakit tidak ideal.

Fungsi BI Diamputasi. Ancaman tergerusnya independensi Bank Indonesia makin nyata, menyusul dihapusnya pasal yang menjaga kemandirian
bank sentral dalam revisi UU No. 23/1999 tentang Bank Indonesia.

Ekstensifi kasi Cukai Jalan di Tempat. Misi ekstensifi kasi cukai seolah jalan di tempat, menyusul tidak adanya langkah konkret pemerintah dalam
melakukan perluasan objek cukai.

Industri Penyiaran Bisa Irit 70 Persen. Pemerintah memastikan migrasi siaran analog ke digital tetap akan terealisasi sesuai target pada 2022,
sebagai upaya meredam tekanan terhadap industri penyiaran melalui penghematan biaya operasional hingga 70%.

Dampak Diskon OTA Minim. Maraknya program diskon oleh online travel agent (OTA) belum sanggup mengatrol upaya pemulihan industri turisme nasional.

Masa Depan KPBU Komodo Dibahas. Kementerian Perhubungan membahas pengajuan pengunduran jadwal pemenuhan pembiayaan proyek kerja
sama pemerintah dengan badan usaha Bandara Komodo, Labuan Bajo, NTT yang menelan investasi hingga Rp1,2 triliun.

Jangan Abaikan LHKPN. Jelang pendaftaran calon kepala daerah peserta pemilihan kepala daerah serentak 2020, Komisi Pemberantasan Korupsi mengingatkan para calon untuk menyerahkan laporah harta kekayaan penyelenggara negara.

Nilai Kerugian Terus Dihitung. Kepolisian terus melakukan penyelidikan untuk mendalami penyebab kebakaran di gedung perkantoran Kejaksaan Agung beberapa waktu lalu.

The Fed Beri Ruang Negara Berkembang. Langkah Federal Reserve memperpanjang era suku bunga rendah menawarkan kesempatan bagi bank sentral negara berkembang untuk melakukan hal yang sama.

Buffet Kembali ‘Bertaruh’. Warren Buffett’s Berkshire Hathaway Inc. membeli saham di lima perusahaan perdagangan komoditas terbesar di Jepang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia bpd kabar pasar
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top