Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

GoPay Luncurkan Layanan Keamanan Terbaru

GoPay memperkuat sistem keamanan dengan mengaktifkan fitur terbaru yakni biometrik.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 10 September 2020  |  23:59 WIB
Ilustrasi pengemudi Gojek mengikuti inisiatif J3K di Bekasi. - Antara\n\n
Ilustrasi pengemudi Gojek mengikuti inisiatif J3K di Bekasi. - Antara\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan uang elektronik, GoPay memperkuat sistem keamanan dengan mengaktifkan fitur terbaru yakni biometrik.

Budi Gandasoebrata, Managing Director GoPay menjelaskan bahwa fitur biometrik berupa sidik jari dan verifikasi wajah bertujuan untuk memverifikasi transaksi non-tunai di luar layanan Gojek. Fitur sidik jari, lanjutnya, telah tersedia di seluruh pengguna smartphone android dan iOS, dan fitur verifikasi wajah mulai tersedia di platform iOS.

“GoPay berkomitmen terus menjadi layanan uang elektronik yang aman dan nyaman untuk pengguna. Selain pin, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur yang memanfaatkan identitas biometrik atau karakteristik fisiologis unik masing- masing pengguna berupa sidik jari atau wajah untuk meningkatkan keamanan transaksi,” terangnya, Kamis (10/9/2020).

Lanjutnya, perlindungan transaksi GoPay juga kian lengkap dengan proteksi ekstra jaminan saldo kembali jika terjadi kehilangan saldo di luar kendali pengguna. Pihaknya berharap seluruh pengguna akan memanfaatkan seluruh fitur keamanan ini agar dapat bertransaksi dengan GoPay secara lebih maksimal.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi di Indonesia yang masif harus dibarengi dengan penguatan literasi digital pengguna. Menurut laporan Centre of Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengkaji peningkatan kompetensi keamanan digital Indonesia, masyarakat masih memiliki tingkat literasi digital yang rendah, terutama dalam hal keamanan digital sehingga mereka kerap lengah dan berpotensi menjadi korban penipuan. Karena itu, lanjutnya, Gojek telah meluncurkan inisiatif baru yang terus mengimbau publik untuk menjaga keamanan selama beraktivitas di jagat digital, termasuk dalam transaksi non-tunai.

Inisiatif bertagar #AmanBersamaGojek terdiri dari program edukasi yang didukung dengan inovasi produk, proteksi bagi pengguna dan mitra pengemudi, serta pengembangan teknologi  termasuk salah satunya penerapan fitur keamanan berbasis kecerdasan buatan untuk mencegah peretasan dan penyalahgunaan akun pengguna.

Gojek dan GoPay juga kerap mengedukasi masyarakat luas agar selalu waspada dengan menerapkan langkah prefentif yakni jangan transfer diluar aplikasi, amankan data pribadi, gunakan sistem keamanan pin dan biometric untuk verifikasi transaksi serta mengadukan hal-hal yang mencurigakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gojek
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top