Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pagi Ini (16/9) Bos Bumiputera, Kresna Life, Wanaartha Hingga Minna Padi ke DPR. Untuk Apa?

Pagi ini, Rabu (16/9/2020) Panitia Kerja DPR RI memanggil manajemen perusahaan asuransi dan manajer investasi yang bermasalah terhadap pengembalian uang nasabah. Perusahaan yang dipanggil adalah AJB Bumiputera, Kresna Life, Wanaartha, Minna Padi dan Pan Pacific.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 16 September 2020  |  09:59 WIB
Pejalan kaki melintas di dekat gedung Wisma Bumiputera di Jakarta. Bisnis
Pejalan kaki melintas di dekat gedung Wisma Bumiputera di Jakarta. Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Industri Jasa Keuangan DPR RI pagi ini, Rabu (16/9/2020) memanggil Badan Perwakilan Anggota Asuransi Jiwa Bersama (BPA AJB) Bumiputera 1912, Kresna Life, Wanaartha Life untuk memperjelas nasib klaim nasabah yang tidak terbayar hingga saat ini. Rapat Panja ini dijadwalkan puluk 10.00 WIB.

Hendrawan Supratikno, Anggota Komisi XI DPR menyebutkan langkah Panja ini bagian dari upya DPR untuk menjalankan fungsi pengawasan. Panja sendiri akan melihat peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memiliki peran mengatur, mengawasi dan melindungi nasabah industri keuangan.

Produk-produk asuransi harus dijamin sebagai produk yang sehat, berkualitas,” kata Hendrawan.

Untuk itu, OJK sebagai pengawas harus mengecek kualitas produk yang akan dipasarkan oleh industri. Selain itu, OJK juga harus menjalankan persan edukasi yang kuat.

Jangan sampai lembaga-lembaga asuransi hanya sibuk berburu nasabah, dengan target ikut table manner [million dollar round table/MDRT] dan dapat bonus tinggi,” katanya.  

Menurutnya, permasalahannya adalah setelah menjadi pribadi elit dengan bergabung pada MDRT, ketika pemegang polis mencairkan haknya, dipersulit dengan beragam permasalahan.

Seperti diketahui, AJB Bumiputera  1912 sudah lebih dari 2 tahun belum membayar klaim nasabah, kondisi serupa juga dialami oleh nasabah Kresna Life dan Wanaartha Life untuk sejumlah produk yang memberikan imbal hasil menarik.

Selain itu, Panja yang dijadwalkan pada pukul 10.00 hari ini juga memanggil Pan Pacifik dan Minna Padi yang juga mengalami permasalahan serupa walau bukan produk investasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ajb bumiputera 1912 asuransi jiwa adisarana wanaartha Minna Padi Investama Sekuritas kresna life
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top