Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Ramal Penjualan Riil Kuartal Ketiga Bisa Kontraksi 9,6 Persen

Indeks Penjualan Eceran kuartal III/2020 diprediksi akan terkontraksi -9,6 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), dibandingkan dengan -18,2 persen yoy pada kuartal II/2020.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 08 Oktober 2020  |  11:25 WIB
BI Ramal Penjualan Riil Kuartal Ketiga Bisa Kontraksi 9,6 Persen
Konsumen di satu gerai supermarket di Purwokerto, Minggu (28/7). - BISNIS.COM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia memperkirakan kinerja penjualan eceran masih mengalami kontraksi pada kuartal III/2020, meski membaik dari kuartal II/2020.

Indeks Penjualan Eceran kuartal III/2020 diprediksi akan terkontraksi -9,6 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), dibandingkan dengan -18,2 persen yoy pada kuartal II/2020.

Namun, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, perkiraan pertumbuhan -9,6 persen masih jauh dari level pertumbuhan positif pada kuartal III/2019 yang tercatat sebesar 1,4 persen yoy.

"Perbaikan kinerja penjualan eceran pada triwulan kuartal III/2020 terutama terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang tumbuh positif 1,9 persen yoy dari sebelumnya negatif -8,3 persen yoy," tulis BI dalam laporan survei penjualan eceran, Kamis (8/10/2020).

Di samping itu, BI menyebut perbaikan juga terjadi sejalan dengan membaiknya daya beli masyarakat seiring dengan sejumlah kebijakan insentif yang dikeluarkan pemerintah melalui optimalisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Adapun, per Agustus 2020, BI mencatat Indeks Penjualan Riil sebesar 196,6, masih terkontraksi -9,2 persen yoy, namun lebih baik dari -12,3 persen yoy pada Juli 2020.

Perbaikan terjadi pada hampir seluruh kelompok barang, terutama pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang tumbuh positif, yaitu sebesar 2,7 persen yoy, dari bulan sebelumnya yang tercatat -1,9 persen yoy.

Secara spasial, kinerja penjualan eceran menunjukkan perbaikan di hampir seluruh kota pada Agustus 2020.

Dari sepuluh kota yang disurvei, penjualan eceran di Kota Makassar dan Surabaya tercatat positif dan masing-masingnya meningkat sebesar 4,0 persen yoy dan 3,8 persen yoy pada Agustus 2020.

BI memperkirakan kinerja penjualan eceran pada September 2020 akan semakin membaik di hampir seluruh kota cakupan survei, meski sebagian besar kota masih dalam fase pertumbuhan penjualan yang terkontraksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia penjualan eceran indeks penjualan riil
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top