Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BTN Telah Gunakan Seluruh Dana Obligasi Rp1,5 Triliun untuk Kredit

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, Jumat (16/10/2020), hasil realisasi bersih obligasi tahap I/2020 tersebut adalah senilai Rp1,49 triliun setelah dikurangi dengan biaya penawaran umum
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  10:09 WIB
Suasana layanan di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk di Jakarta, Senin (8/1). - JIBI/Dedi Gunawan
Suasana layanan di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk di Jakarta, Senin (8/1). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. melaporkan penggunaan dana hasil penawaran umum obligasi berkelanjutan IV tahap I/2020 yang senilai Rp1,5 triliun.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Jumat (16/10/2020), hasil realisasi bersih obligasi tahap I/2020 tersebut adalah senilai Rp1,49 triliun setelah dikurangi dengan biaya penawaran umum.

Realisasi dana obligasi digunakan dalam bentuk penyaluran kredit dan telah digunakan seluruhnya. Penggunaan ini sesuai dengan rencana yang tertuang dalam prospektus.

Adapun obligasi tahap I tersebut merupakan bagian dari aksi korporasi emiten berkode BBTN yang menargetkan dana yang dihimpun senilai Rp8 triliun.

Dalam prospektusnya, obligasi tahap I dibagi dalam tiga seri yakni masing-masing seri A dengan tingkat bunga tetap 6,75 persen per tahun, seri B dengan tingkat bunga 7,8 persen per tahun, dan Seri C dengan tingkat bunga 8,40 persen per tahun.

Jangka waktu obligasi I seri A adalah selama 370 hari sedangkan seri B dan seri C masing-masing selama 3 tahun dan 5 tahun. Artinya, jatuh tempo obligasi I seri A adalah pada 29 Agustus 2021, Seri B akan jatuh tempo pada 19 Agutus 2023, dan Seri C pada 19 Agustus 2025.

Pembelian kembali Obligasi Tahap I baru dapat dilakukan satu tahun setelah tanggal penjatahan, Perseroan dapat melakukan pembelian kembali sebagian atau seluruh Obligasi Tahap I sebelum tanggal pelunasan pokok Obligasi Tahap I.

Perseroan mempunyai hak untuk memberlakukan pembelian kembali tersebut untuk dipergunakan sebagai pelunasan Obligasi Tahap I atau disimpan dengan memperhatikan ketentuan dalam perjanjian perwaliamanatan dan peraturan perundangan yang berlaku.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi btn kredit
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top