Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran Dana PEN Bank BJB Didominasi Sektor Konstruksi dan Perdagangan

Penyaluran dana PEN BJB hingga 18 Oktober 2020 telah mencapai 106 persen dari target penyaluran dengan leverage dua kali dari total penempatan.
Kantor Bank BJB/bankbjb.co.id
Kantor Bank BJB/bankbjb.co.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Penyaluran kredit program pemulihan ekonomi nasional PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk. didominasi sektor konstruksi serta perdagangan besar dan eceran.

Berdasarkan data yang Bisnis terima, dari penempatan dana program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang diterima Bank BJB senilai Rp2,5 triliun, telah disalurkan senilai Rp5,34 triliun. Penyaluran hingga 18 Oktober 2020 telah mencapai 106 persen dari target penyaluran dengan leverage dua kali dari total penempatan.

Secara rinci, penyaluran kredit tertinggi adalah ke sektor konstruksi dengan nilai Rp1,35 triliun. Sektor penyaluran lainnya yakni perdagangan besar dan eceran senilai Rp1,34 triliun.

Bank BJB juga menyalurkan kredit PEN ke sektor industri pengolahan senilai Rp794 triliun. Sektor pertanian, perburuan, dan kehutanan juga menjadi sektor yang disasar dengan nilai penyaluran Rp154 triliun.

Sementara itu, masih ada sektor lainnya yang disalurkan Bank BJB dengan dengan nilai total Rp169 triliun.

Berdasarkan sektor, penyaluran Kredit PEN Bank BJB melingkupi korporasi dan komersial, BPR, KPR, Konsumer, dan UMKM dengan keseluruhan jumlah debitur 10.552.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan kesuksesan bank dalam menyalurkan kredit ini tidak bisa dilepaskan dari strategi pembiayaan yang dirancang. Berdasarkan strategi induk, bank BJB fokus menyalurkan pembiayaan di sektor produktif padat karya.

"Sejak awal masa pandemi berlangsung, bank BJB langsung bergerak cepat merespons dinamika yang terjadi. Strategi pembiayaan juga disesuaikan sedemikian rupa dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan dinamika yang terjadi. Susunan rencana yang matang ini terbukti ampuh dan dapat diandalkan untuk menunjang kesuksesan upaya stimulasi melalui program PEN," katanya seperti dikutip dalam rilis, Minggu (25/10/2020).

Dalam pelaksanaanya, bank BJB memfokuskan penyaluran pembiayaan pada segmen korporasi dan komersial, serta UMKM yang punya daya pengaruh signifikan sekaligus terbilang prospektif. Langkah ini terbilang manjur dalam mendorong ekspansi kredit PEN bank bjb.

Seiring dengan itu, perusahaan juga bertopang pada program bjb PENtas (Penguatan Ekonomi Nasional Tangguh & Sejahtera) yang didukung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Program ini dibentuk untuk menyelaraskan kepentingan bisnis agar bergerak dalam koridor pemulihan ekonomi.

"Kami juga secara disiplin dan ketat mempraktikkan prinsip prudential banking sebagai upaya mitigasi risiko sejak dini. Bank BJB ingin memastikan agar fasilitas pembiayaan yang diberikan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para mitra sehingga memberikan efek domino bagi kebangkitan ekonomi," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper