Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kirim Uang ke Luar Negeri Bisa Lewat HP

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menambahkan layanan International Remittance ke dalam aplikasi BNI Mobile Banking untuk memudahkan pengiriman uang ke bank-bank luar negeri sehingga nasabah tidak perlu mengunjungi kantor cabang bank.
Pegawai BNI sedang menjelaskan fitur International Remittance di Kantor Cabang BNI Hong Kong/Istimewa
Pegawai BNI sedang menjelaskan fitur International Remittance di Kantor Cabang BNI Hong Kong/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menambahkan layanan International Remittance ke dalam aplikasi BNI Mobile Banking untuk memudahkan pengiriman uang ke bank-bank luar negeri sehingga nasabah tidak perlu mengunjungi kantor cabang bank.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat lebih banyak beraktivitas dari rumah, termasuk melakukan transaksi keuangan. Nasabah pun semakin mengandalkan aplikasi mobile banking di smartphone untuk memenuhi kebutuhannya akan layanan perbankan.

Akan tetapi, untuk dapat mengirimkan uang ke bank-bank luar negeri, nasabah masih diharuskan untuk mengunjungi kantor cabang bank. Melihat hal tersebut, BNI menambahkan layanan International Remittance ke dalam aplikasi BNI Mobile Banking.

"Layanan ini memiliki sistem otomatis sehingga tidak membutuhkan proses manual dari petugas bank serta telah dilengkapi layanan tracking melalui fitur SWIFT GPI," ujarnya dalam siaran pers Jumat.

Instruksi kiriman uang dapat dilakukan 24/7 atau twenty-four seven sebagai layanan yang tersedia sepanjang waktu dengan layanan proses same day service. Menurutnya, tarif yang ditawarkan sangat kompetitif dibandingkan dengan transaksi yang dilakukan melalui kantor cabang guna mendorong nasabah agar bertransaksi secara digital. Adapun limit harian dari layanan ini adalah Rp50.000.000 per hari

Lebih jauh Corina menyebutkan saat ini BNI merupakan pioner untuk layanan International Remittance melalui aplikasi BNI Mobile Banking. Kiriman uang dapat ditujukan ke semua bank yang ada diseluruh dunia yang tergabung dalam jaringan SWIFT.

Inovasi layanan ini merupakan bagian dari program 365 Hari Untuk Indonesia dari Kementerian BUMN. Sebelumnya Menteri BUMN RI Erick Thohir telah mengatakan bahwa BNI akan Go Global dengan fokus pada International Banking

Corina juga mengatakan kebutuhan akan layanan International Remittance ini tidak hanya datang dari nasabah korporasi saja, tetapi juga dari nasabah perorangan. Hal ini mendorong BNI untuk terus berinovasi, salah satunya melalui digitalisasi layanan International Remittance yang bertujuan untuk semakin mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi.

Saat ini layanan International Remittance pada BNI Mobile Banking banyak digunakan oleh nasabah yang terbagi dalam beberapa profil, seperti misalnya para pengusaha yang mengirimkan pembayaran barang kepada partner usahanya di luar negeri. Pengguna lainnya termasuk para orang tua yang mengirimkan uang untuk anaknya yang sedang kuliah di luar negeri.

“Selain itu, Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia yang mengirimkan uang untuk keluarganya di negara masing-masing,” imbuh Corina.

Di samping itu, BNI melalui Kantor Cabang Luar Negeri di enam negara juga memiliki peran aktif bagi kebutuhan perbankan masyarakat Indonesia yang menjadi diaspora di luar negeri. Kantor Cabang BNI di Singapura, Hong Kong, Seoul, Tokyo, New York dan London telah memfasilitasi pembukaan rekening melalui e-form yang turut dibantu oleh remittance representative luar negeri BNI.

Untuk melengkapi layanan kepada diaspora Indonesia di luar negeri, BNI juga telah menempatkan mesin ATM di Singapura dan Hong Kong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Writer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper