Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simpanan Giro di Bank Mandiri Naik Drastis

Penghimpunan giro sebagai komponen dari pembentukan dana murah telah mampu menekan biaya dana atau cost of fund dan meningkatkan efisiensi
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 05 November 2020  |  08:25 WIB
Simpanan Giro di Bank Mandiri Naik Drastis
Karyawan melayani nasabah Prioritas di Cabang Mandiri Prioritas Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (7/10/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Pertumbuhan giro PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. naik drastis. Dari total dana yang dihimpun perseroan senilai Rp1.024 triliun, giro mampu tumbuh 33,1 persen YoY pada kuartal III/2020.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan kontributor utama kenaikan giro yang dihimpun perseroan pada September 2020 adalah penempatan dana yang berasal dari nasabah korporasi.

Sejauh ini, lanjutnya, penghimpunan giro sebagai komponen dari pembentukan dana murah telah mampu menekan biaya dana atau cost of fund dan meningkatkan efisiensi. Bank Mandiri per September 2020 berhasil menekan biaya dana yang mencapai level 2,72 persen.

"Selain penempatan dana dari korporasi, setoran giro perseroan juga diperoleh dari penempatan dana yang berasal dari nasabah segmen bisnis hubungan kelembagaan," katanya kepada Bisnis, Rabu (4/11/2020).

Adapun penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) bank sejak Agustus 2020 telah mencapai double digit, berlanjut pada September tumbuh 12,88 persen YoY. Pertumbuhan DPK tersebut seiring dengan penempatan dana pemerintah ke perbankan.

Berdasarkan kontribusi terhadap pertumbuhan, porsi giro meningkat signfikan dari 2 sampai 3 persen menjadi sekitar 5 persen dalam dua bulan terakhir.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan pertumbuhan DPK perbankan lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit sehingga mendorong likuiditas perbankan semakin kuat. Pertumbuhan DPK tersebut seiring dengan penempatan dana pemerintah ke perbankan.

"Hal ini terlihat dengan pertumbuhan DPK pada bank BUMN dan BPD yang merupakan bank-bank penerima dana dari pemerintah," katanya belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri simpanan perbankan dpk dana murah giro
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top