Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI: "New UMKM" Milenial Bakal Jadi Sumber Pertumbuhan Baru Ekonomi RI

Bonus demografi memposisikan peran penting generasi milenial dalam perekonomian Tanah Air. Milenial yang mencintai produk dalam negeri, diharapkan akan menjadi potensi besar bagi UMKM dan di sisi lain milenial yang berjiwa wirausaha juga menjadi sumber terciptanya wirausaha baru.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 November 2020  |  14:43 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menilai new UMKM yang menggunakan sentuhan digital dengan didukung generasi milenial akan menjadi sumber pertumbuhan baru ekonomi Indonesia pada masa pandemi Covid-19.

“Milenial sebagai generasi penerus bangsa akan menjadi motor penggerak new UMKM di masa kini dan masa depan,” kata Perry Warjiyo pada pembukaan secara virtual Karya Kreatif Indonesia seri III di Jakarta, Jumat (20/11/2020). 

Menurut dia, bonus demografi memposisikan peran penting generasi milenial dalam perekonomian Tanah Air. Milenial yang mencintai produk dalam negeri, kata dia, akan menjadi potensi besar bagi UMKM dan di sisi lain milenial yang berjiwa wirausaha juga menjadi sumber terciptanya wirausaha baru.

Untuk mendekatkan UMKM dengan generasi milenial, BI mengadakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) seri ketiga dengan tema “UMKM sahabat milenial” pada 20-22 November 2020 secara virtual. “Kiprah milenial dapat kita lihat dari sekarang di berbagai bidang untuk menjadi titik balik UMKM bangkit sebagai kekuatan ekonomi baru,” katanya.

Pada seri pertama dan kedua, Karya Kreatif Indonesia mendorong UMKM ekspor dan UMKM digital sekaligus mendorong Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Pada dua seri Karya Kreatif Indonesia itu, Perry mengungkapkan menyedot perhatian masyarakat dengan dihadiri lebih dari 53 ribu pengunjung, diikuti 379 UMKM terdiri dari 127 UMKM kain, 75 usaha bergerak bidang kerajinan, dan 177 usaha di bidang makanan dan minuman.

Total nilai penjualan mencapai Rp10,5 miliar, pencapaian business matching mencapai Rp113,2 miliar, komitmen pembiayaan mencapai Rp4,7 miliar dan ada 16 pembeli dari enam negara yang mencapai kesepakatan.

Pembeli dari enam negara itu, lanjut dia, berasal dari Singapura, Italia, Korea, Australia, Jepang dan China. “Nilai transaksi Karya Kreatif Indonesia merupakan dampak nyata dan menjadi daya pendorong UMKM untuk terus berkreasi dan maju di tengah pandemi,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan umkm perry warjiyo Digital Banking

Sumber : Antara

Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top