Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BNI Beri 'Karpet Merah' Debitur di Sektor Berkelanjutan

Direktur Corporate Banking BNI Silvano W. Rumantir menyampaikan perseroan mengimplementasikan pendekatan green economy melalui Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) Bank.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 06 Desember 2020  |  17:15 WIB
Aktivitas karyawati di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Jakarta, Kamis (11/6). Bisnis - Nurul Hidayat
Aktivitas karyawati di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Jakarta, Kamis (11/6). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. akan memberikan prioritas terhadap pembiayaan di kegiatan usaha berkelanjutan. Hal ini tercermin dari pertumbuhan kredit di sektor tersebut mencapai 5,04 persen secara yoy per September 2020.

Direktur Corporate Banking BNI Silvano Winston Rumantir menyampaikan perseroan mengimplementasikan pendekatan green economy melalui Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) Bank.

Hal ini dilakukan melalui beberapa langkah yakni, pertama, integrasi keuangan berkelanjutan pada sektor industri secara bertahap.

Kedua, pemahaman aspek Lingkungan Sosial dan Tata Kelola (LST) untuk pegawai dan nasabah maupun debitur. Ketiga, adanya program atau produk konsumtif yang termasuk Kriteria Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KKUB).

Keempat, penerapan keuangan berkelanjutan dalam manajemen risiko. Kelima, ekspansi kredit kepada sektor-sektor yang termasuk pada green & sustainable.

"BNI sangat mendukung kebijakan pemerintah dan OJK dalam pemberian insentif hijau kepada debitur yang menurunkan emisi karbon bisa berupa penurunan suku bunga, pelonggaran waktu pinjaman maupun penambahan fasilitas kredit bagi debitur yang termasuk pada sektor-sektor tersebut," terangnya pada Jumat (4/12/2020).

Silvano menambahkan BNI juga memberikan prioritas kepada debitur yang melaksanakan kegiatan usaha berkelanjutan.

Hingga September 2020 terjadi pertumbuhan kredit yang disalurkan pada debitur yang melaksanakan kegiatan usaha berkelanjutan sekitar 5,04 persen secara yoy.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni kredit ramah lingkungan penyaluran kredit berkelanjutan
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top