Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI (BBRI) Konsisten Berdayakan UMKM. Dirut Paparkan Buktinya

BRI berupaya untuk semakin memfasilitasi pelaku UMKM untuk go global dan memiliki daya saing di tingkat nasional.
Direktur Utama Bank BRI Sunarso. Bisnis/Dedi Gunawan
Direktur Utama Bank BRI Sunarso. Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menegaskan komitmen perseroan memberdayakan UMKM. Hal ini tercermin dari penyaluran kredit ke segmen UMKM hingga pelaksanaan stimulus UMKM dari pemerintah.

Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan BRI secara konsisten memberdayakan UMKM. BRI telah menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp754 triliun atau ekuivalen dengan 80,65 persen dari total kredit BRI sebesar Rp935 triliun.

Kredit disalurkan kepada 6,8 juta nasabah didukung dengan berbagai program yang disebut BRI Inkubator. Program ini merupakan program pengembangan UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara digital dan berorientasi ekspor.

Selain itu, BRI berkomitmen dalam pemulihan ekonomi nasional dengan menyalurkan stimulus pemerintah kepada UMKM. Penempatan uang negara sebesar Rp15 triliun telah disalurkan dalam bentuk kredit UMKM sebesat tiga kali lipat dari nilai penempatan kepada 1,2 juta nasabah.

Stimulus berikutnya berupa goverment spending antara lain penyaluran subsisi bunga untuk UMKM sebesar Rp4,5 triliun kepada 6,6 juta nasabah mikro. KUR super mikro sebesar Rp7,4 triliun telah disalurkan kepada 844.000 nasabah.

BRI juga telah menyalurkan subsidi gaji sebesar Rp3,5 triliun yang diterima oleh 2,9 juta penerima. Serta stimulus berupa penjaminan kredit UMKM sampai dengan 7 Desember 2020 sebesar Rp7,5 triliun kepada 12 juta nasabah sesuai dengan PMK Nomer 71 tahun 2020.

"Selain stimulus untuk menyelematkan UMKM, kami telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp213 triliun kepada kepada 2,9 juta nasabah sesuai dengan POJK 11 tahun 2020," katanya dalam pembukaan UMKM Expor(RT) Brilianpreneur 2020, Kamis (10/12/2020).

Lebih lanjut, kegiatan Brilianpreneur 2020 yang telah dimulai sejak 1 Desember 2020 dan akan berakhir pada 15 Desember 2020, bertujuan UMKM agar naik kelas dan mampu bersaing di pasar global. Kegiatan ini diikuti dari berbagai bidang usaha meliputi fesyen, aksesoris, kecantikan, hingga kerajinan. Kegiatan ini juga bisa diikuti melalui virtual.

Berbagai kegiatan akan meramaikan kegiatan yang memasuki tahun kedua ini, seperti talkshow yang diisi oleh menteri hingga pembicara profesional, coaching clinic UMKM, bazar online, serta UMKM award.

Showcase menampilkan 573 UMKM peserta yang dikemas secara menarik dan memanjakan mata para pengunjung. BRI juga akan meluncurkan Web Pasar BRI di sejumlah pasar secara digital.

"Kami berharap BRI semakin bisa memfasilitasi pelaku UMKM untuk go global dan memiliki daya saing di tingkat nasional," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper