Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Era Pandemi, Transaksi Cicilan Barang Elektronik di Akulaku Naik Paling Tinggi

Produk elektronik masih menempati urutan teratas sebagai kategori barang yang paling diburu oleh konsumen Akulaku.
Logo Akulaku/akulaku.com
Logo Akulaku/akulaku.com

Bisnis.com, JAKARTA - Platform marketplace milik Grup Akulaku, PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku) mencatat adanya kenaikan transaksi cicilan yang signifikan pada pembelian sejumlah kategori barang di sepanjang 2020, yang notabene di era pandemi.

Direktur PT Akulaku Silvrr Indonesia Herryson menjelaskan bahwa produk elektronik, fesyen pria, dan furnitur merupakan sejumlah kategori yang mengalami kenaikan pesanan secara drastis selama masa pandemi.

"Kenaikan volume transaksi pada sejumlah kategori tersebut bahkan melebihi 100 persen apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (18/1/2021).

Produk elektronik masih menempati urutan teratas sebagai kategori barang yang paling diburu oleh konsumen Akulaku.

Harga produk elektronik yang relatif tinggi mendorong konsumen untuk bertransaksi dengan memanfaatkan opsi cicilan Akulaku, yang layanannya diakomodasi oleh perusahaan pembiayaan (multifinance) penyedia jasa kredit digital PT Akulaku Finance Indonesia.

Selain elektronik, furnitur menjadi kategori produk dengan tingkat pertumbuhan penjualan tertinggi pada tahun lalu.

Bahkan, kenaikan volume pesanan pada berbagai produk furnitur mencapai lebih dari 650 persen pada periode November hingga Desember 2020.

"Yang menarik adalah, lonjakan permintaan pada kategori tersebut bukan hanya didominasi brand besar yang sudah akrab di telinga masyarakat. Permintaan terhadap berbagai produk usaha mikro kecil menengah [UMKM] dengan kualitas yang bersaing pun turut terangkat signifikan," tambah Herryson.

Kenaikan permintaan terhadap kategori furnitur tersebut merupakan suatu indikasi bahwa pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat dengan meluangkan lebih banyak waktu di rumah.

Kondisi ini kemudian membuat masyarakat untuk meningkatkan kenyamanannya di rumah dengan cara mendekorasi ulang dan menambah perabot rumah di tengah kondisi pembatasan sosial.

Dari kategori barang home and living setidaknya ada lima perlengkapan dan perabotan rumah tangga yang paling dicari pengguna Akulaku di sepanjang 2020, di antaranya rak penyimpanan, sofa, spring bed, perlengkapan dapur, dan kasur busa.

"Kebiasaan baru yang serba membatasi interaksi fisik turut mendorong konsumen untuk memperoleh berbagai perlengkapan sehari-hari di rumah melalui platform daring," ungkapnya.

Adapun dari segmen fesyen pria pada sepanjang kuartal IV/2020, kabar baik berasal dari pertumbuhan jumlah merchants sebesar 6 kali lipat.

Sementara jumlah merchants pada kategori furnitur mengalami kenaikan sebesar 2 kali lipat. Sementara, ketersediaan penjual produk elektronik yang terhubung dengan Akulaku mengalami pertumbuhan sebesar 100 persen.

"Secara keseluruhan, jumlah pelaku usaha baru yang terhubung dengan Akulaku terus mengalami pertumbuhan signifikan di sepanjang 2020. Saat ini rata-rata terdapat sekitar 3.000 UMKM baru yang terhubung dengan platform Akulaku di setiap kuartal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper