Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Amin Jabarkan Tiga Tantangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Maruf Amin menuturkan keberadaan Shafiec menjadi salah satu bentuk dukungan anak bangsa untuk menjawab tantangan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah serta ekonomi digital.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberi keterangan kepada wartawan, Rabu (4/3/2020)./Bisnis-Nindya Aldila
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberi keterangan kepada wartawan, Rabu (4/3/2020)./Bisnis-Nindya Aldila

Bisnis.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Center for Sharia Finance & Digital Economy (Shafiec) di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta pada Jumat (13/3/2021) secara virtual. 

Maruf Amin pun menjelaskan keberadaan Shafiec menjadi salah satu bentuk dukungan anak bangsa untuk menjawab tantangan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah serta ekonomi digital.

"Pendirian SHAFIEC merupakan inisiatif yang patut diapresiasi sehingga literasi ekonomi dan keuangan syariah serta ekonomi digital akan semakin berkembang pesat," kata Ma’ruf Amin saat meresmikan Shafiec secara virtual, Jumat (12/3/2021). 

Ma'ruf menyoroti tiga tantangan yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah supaya berdaya saing secara global.

Pertama, pengembangan halal value chain. Dia mengatakan pemerintah akan membentuk kawasan industri halal, penguatan industri dan UMKM berbasis syariah atau halal melalui UU Cipta Kerja, pendirian Bank Syariah Indonesia, serta perluasan partisipasi masyarakat secara aktif dalam pengembangan ekonomi syariah.

"Untuk melahirkan industri halal yang efisien, perlu dikembangkan ekosistem halal yang terintegrasi dalam kegiatan ekonomi, mulai dari input, proses produksi, distribusi, pemasaran, hingga konsumen. Untuk mendukung ini, pemerintah saat ini terus berupaya memperbanyak pembentukan KIH," katanya.

Kedua adalah digitalisasi. Terkait tantangan tersebut, lanjutnya, pemerintah akan terus memberikan dukungan tidak hanya dari sisi regulasi, tetapi juga dari sisi pengembangan infrastruktur untuk menguatkan platform ekonomi digital.

Terakhir, tantangan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dinilai masih sangat kurang jumlahnya di Indonesia. Menurutnya, dalam menghadapi tantangan ketiga ini diperlukan peran penting dari kampus-kampus dalam melahirkan SDM andal di bidang ekonomi dan keuangan syariah. 

Menutup sambutannya, Ma’ruf berharap, pendirian Shafiec UNU Yogayakarta bisa memiliki peran penting untuk memajukan ekonomi syariah di Indonesia. Dia juga berpesan agar Shafiec terus bekerja dan memberikan kontribusi dalam pengembangan ekonomi keuangan syairah dan ekonomi digital nasional. 

“Saya resmkian pendirian Shafiec UNU Yogyakarta. Saya harap shafiec dapat memainkan peran penting dalam ekosistem ekonomi syariah dan ekonomi digital nasional untuk mewujudukan Indonesia Maju,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper