Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batumbu Lolos Jadi Fintech P2P Berizin OJK, Bidik Wira UKM Potensial

Batumbu membukukan kinerja pertumbuhan pembiayaan sebesar 643 persen, melalui penyaluran pembiayaan sebesar Rp1,5 triliun dengan 5.800 aplikasi pinjaman serta 38.000 faktur tagihan
Ilustrasi teknologi finansial/Flickr
Ilustrasi teknologi finansial/Flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Platform teknologi finansial peer-to-peer (fintech P2P) lending Batumbu, besutan PT Berdayakan Usaha Indonesia berhasil menyusul 41 platform lain yang naik kelas dari berstatus Terdaftar menjadi Berizin penuh dari otoritas.

Per 23 Februari 2021, Batumbu mendapatkan kepercayaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui surat nomor KEP-11/D.05/ 2021 untuk menjadi penyedia platform pembiayaan berbasis digital Berizin.

CEO Batumbu Jenny Wiriyanto mengungkap bahwa kepercayaan tersebu semakin memperkokoh komitmen Batumbu untuk terus berperan aktif dalam merealisasikan aspirasi serta potensi para Wira UMKM Indonesia, melalui penyaluran pembiayaan sesuai, cepat dan berkesinambungan.

Buktinya, dalam usia yang relatif muda pun, Batumbu sepanjang 2020 berhasil tercatat dalam 16 persen fintech Indonesia yang berhasil menembus penyaluran pembiayaan Rp1 trilliun.

"Batumbu membukukan kinerja pertumbuhan pembiayaan sebesar 643 persen, melalui penyaluran pembiayaan sebesar Rp1,5 triliun dengan 5.800 aplikasi pinjaman serta 38.000 faktur tagihan," ungkapnya, Jumat (12/3/2021).

Memasuki awal kuartal I/2021, Batumbu pun kembali membukukan kinerja yang terus meningkat dengan penyaluran pembiayaan yang berhasil menembus angka Rp2 triliun dengan 6.418 aplikasi pinjaman serta 47.079 faktur tagihan yang tersebar ke 19 provinsi di Indonesia.

Jenny menyebut ini adalah bentuk nyata usaha Batumbu dan seluruh mitra strategis kami dalam mengerakan roda perekonomian melalui pembiayaan bagi Wira UMKM Indonesia. Pencapain tersebut tentunya didukung pemilihan bisnis model, inovasi, proses serta memanfaatkan teknologj yang berkesinambungan.

"Perolehan izin ini memacu kami untuk dapat terus meningkatkan potensi Wira UMKM dalam membangun aliansi kemitraan strategis, memberikan sosialisasi dan edukasi terkait pemahaman literasi keuangan sehingga menghasilkan solusi kreatif dengan pendekatan rantai pasok hulu ke hilir secara holistik melalui pemberdayaan ekosistem," tambahnya.

Hal ini kami yakini akan mempercepat kebangkitan dan pergerakan roda perekonomian Wira UMKM Indonesia menuju Indonesia maju dan tangguh

Dengan berlandaskan semangat dan optimisme, kami akan terus melanjutkan Visi dan Misi dalam memberikan kontribusi nyata bagi pemulihan dan pergerakan roda perekonomian menuju Indonesia tangguh dan maju.

Sekadar informasi, Batumbu telah berstatus Terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak April 2019. Batumbu memediasi kemudahan akses layanan keuangan melalui pertemuan Penyedia Dana dan Wira UMKM yang membutuhkan pembiayaan dalam sebuah platform digital.

Didukung oleh pemegang saham ternama seperti Validus Investment Holdings Pte, Ltd (VIH) yang juga pemegang saham dari Validus Capital, PTE Ltd yang merupakan P2P lending di Singapura untuk segmen UMKM. Selain itu Batumbu juga didukung oleh PT. Triputra Investindo Arya yang merupakan perusahaan holding dari Triputra Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper