Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Lewatkan! Program Bunga Rendah KPR BTN, BCA, dan CIMB Niaga

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, beberapa bank memiliki program dengan menyediakan bunga rendah untuk KPR.
Ilustrasi/uangteman.com
Ilustrasi/uangteman.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perumahan merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Sejumlah bank pun menawarkan kemudahan untuk mendorong masyarakat memiliki hunian melalui kredit pemilikan rumah (KPR).

Bank Indonesia (BI) dalam laporan uang beredar Januari 2021, mencatat kredit pemilikan rumah mencapai Rp521,2 triliun pada Januari 2021, atau tumbuh 3,6 persen secara yoy.

Angka pertumbuhan itu meningkat dari pertumbuhan Desember 2020 sebesar 3,4 persen secara yoy. Peningkatan itu terutama didorong oleh peningkatan kredit KPR tipe 22 sampai dengan 70 di Banten dan Jawa Barat. Peningkatan kredit KPR sejalan dengan tren perbaikan kredit pada awal tahun ini.

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, beberapa bank memiliki program dengan menyediakan bunga rendah untuk KPR. Berikut lengkapnya:

BTN

Jangan Lewatkan! Program Bunga Rendah KPR BTN, BCA, dan CIMB Niaga

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. memangkas bunga hingga 270 basis poin untuk memacu pergerakan ekonomi sejalan dengan arahan pemerintah dan regulator keuangan.

Berdasarkan laporan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang dilansir Bank BTN perseroan memangkas bunga di seluruh segmen kreditnya. SBDK kredit pemilikan rumah (KPR) mencatatkan penurunan bunga tertinggi sebesar 270 bps.

Untuk produk KPR BTN Platinum, perseroan menetapkan bunga sebesar 8,88 persen fixed 2 tahun untuk plafond Rp250 juta hingga Rp1,5 miliar bagi debitur fixed income. Suku bunga 8,88 persen fixed 3 tahun tersedia untuk nasabah prioritas maupun payroll/kolektif ASN/BUMN/TNI-Polri.

Sementara, untuk maksimal kredit di bawah Rp250 juta, BTN menetapkan bunga 9,49 persen fixed 2 tahun.

Bank BTN juga terus melakukan berbagai inovasi di segmen KPR Subsidi yang menyasar MBR. Bank spesialis pembiayaan perumahan tersebut memiliki produk KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) dengan bantuan uang muka hingga Rp40 juta.

Kemudian, Bank BTN juga menawarkan produk KPR Subsidi dengan bunga 5 persen fix rate atau tetap hingga 20 tahun. Perseroan juga memiliki produk KPR BTN Mikro yang menyasar para pekerja informal mulai dari tukang bakso, tukang cukur rambut, hingga tukang ojek online dan para pekerja lain yang memiliki penghasilan tidak tetap.

BCA

Jangan Lewatkan! Program Bunga Rendah KPR BTN, BCA, dan CIMB Niaga

Bank BCA akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-4 pada Februari 2021 dengan menggelar BCA Expoversary. Berbeda dengan tahun sebelumnya, BCA Expoversary 2021 hadir secara daring atau online. Kegiatan ini kerlangsung selama 1 bulan penuh, yaitu dari 27 Februari-27 Maret 2021.

Bank BCA menawarkan beragam promo spesial selama periode ulang tahun, mulai dari Bunga Spesial Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BCA, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA, dan Kredit Sepeda Motor (KSM) BCA, serta produk-produk solusi perbankan BCA lainnya.

Sobat Bisnis sudah lama mendambakan hunian idaman, tetapi bingung cara mewujudkannya? Jangan sia-siakan kesempatan ini.

Dalam rangka menyambut HUT BCA yang ke-64, KPR BCA akan memberikan suku bunga spesial untuk nasabahnya. KPR BCA memberikan bunga 3,88 persen eff. p.a (bunga efektif per tahun) fix 1 tahun. "Promo bunga 3,88 persen berlaku untuk pembelian rumah baru maupun rumah bekas [second]," tulis keterangan resmi Bank BCA.

Bank BCA menyebutkan promo bunga KPR tersebut berlaku hingga 31 Mei 2021. Proses pengajuan KPR BCA bisa dilakukan secara online, tanpa harus ke cabang. Sobat Bisnis dapat mengisi formulir dimanapun dan kapanpun, serta mengunggah (upload) semua dokumen dibutuhkan secara online di link berikut ini: https://webform.bca.co.id/Register?prev=/KPR/Screening-eForm-KPR.

Bank CIMB Niaga

Jangan Lewatkan! Program Bunga Rendah KPR BTN, BCA, dan CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk. terus meningkatkan penyaluran KPR pada awal tahun ini dengan menyiapkan program-program inovatif, salah satunya adalah program bunga/margin ringan hasil kerja sama dengan developer mitra CIMB Niaga.

Program bunga/margin tersebut yaitu fixed 3,66 persen pada tahun pertama dan 5,88 persen untuk tahun kedua dan ketiga, sedangkan pada tahun berikutnya berlaku suku bunga/margin mengambang atau floating. Program yang dapat dimanfaatkan masyarakat hingga 31 Maret 2021 tersebut memiliki jangka waktu mulai 10 hingga 25 tahun.

Dengan tenor yang panjang tersebut, masyarakat dapat lebih leluasa mengelola keuangan, diantaranya pembayaran cicilan bulanan menjadi lebih terjangkau.

Adapun 10 developer yang bekerja sama dengan CIMB Niaga untuk program kali ini yaitu Sinar Mas Land, Ciputra, Summarecon, Alam Sutera, Damai Putra, Intiland, Premier, Adhi Karya, Pondok Indah, dan Harvest City.

Di samping itu, dalam masa yang masih menantang ini, CIMB Niaga juga memberikan pilihan program angsuran tetap (fixed) selama 10 tahun dengan bunga/margin 9,5 persen.

Kepastian jumlah cicilan selama periode yang panjang tersebut akan membuat nasabah menjadi lebih tenang. Program ini berlaku hingga 30 Juni 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper