Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Aruna dan Qoala, BRI Life Penetrasi Asuransi ke Nelayan

Lokasi pertama yang menjadi percobaan untuk penetrasi asuransi mikro AM Prisma Plus ini adalah Wilayah Masalembu yang secara geografis terletak di antara Selat Makassar, Laut Jawa, Laut Flores, dan Selat Lombok.
Perahu nelayan di tengah laut. /Antara
Perahu nelayan di tengah laut. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - BRI Life melakukan penetrasi asuransi kepada nelayan dengan menggandeng kerja sama sinergis dengan Aruna dan Qoala, untuk mensosialisasikan produk asuransi mikro AM Prisma Plus.

Asuransi ini diklaim memiliki premi terjangkau dan pengurusan yang mudah.

“Sinergi antara BRI Life, Aruna dan Qoala merupakan momentum penting bagi BRI Life.  Kami optimis, kerjasama ini akan berjalan dengan sangat baik dan prospektif, di samping akan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat mikro, dalam hal ini nelayan”, ujar Direktur Pemasaran dan Bisnis Syariah BRI Life, Anik Hidayati dalam keterangan tertulisnya.

Lokasi pertama yang menjadi percobaan untuk penetrasi asuransi mikro  AM Prisma Plus ini adalah  Wilayah Masalembu yang secara geografis terletak di antara Selat Makassar, Laut Jawa, Laut Flores, dan Selat Lombok.   

Pertemuan tiga kawasan perairan ini menciptakan kekuatan fisis interaksi laut dan atmosfer secara alami, dengan risiko kecelakaan yang tinggi. Namun, perairan ini juga memiliki potensi ikan yang berlimpah dan beragam, tak heran jika mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan meskipun risiko melaut sangat tinggi. Selain itu, asuransi mikro AM Prisma Plus ini juga  akan diperkenalkan di Ujung Genteng, Jenebora dan Papaan.

“Bagi Aruna, nelayan merupakan mitra strategis yang perlu diperhatikan juga kesejahteraannya apalagi melaut merupakan pekerjaan dengan risiko tinggi. Untuk itu kami mengajukan kerja sama dengan Qoala sebagai platform asuransi digital untuk menjangkau lokasi-lokasi terpencil. Nantinya, para nelayan yang telah terdaftar di platform Aruna cukup memberikan fotokopi KTP dan KK kepada para Local Heroes di Aruna Site dan tim kami ini yang menginput datanya ke platform Qoala” ungkap Utari Octavianty selaku co-founder dan General Director dari Aruna.

Sementara itu Co-founder sekaligus Chief Operating Officer (COO) Qoala, Tommy Martin, menjelaskan, aplikasi Qoala sangat mudah digunakan dan bisa diakses dengan cepat melalui smartphone. Untuk urusan keamanan data, tak perlu diragukan, Qoala saat ini tercatat dalam Sandbox OJK di klaster Insurtech.

“Kami memiliki komitmen penuh untuk memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna Qoala, khususnya para nelayan. Asuransi seharusnya bisa melindungi para pekerja di garis terdepan, dan harus bisa diakses dengan cepat dan mudah. Kerja sama Qoala dan Aruna ini kami harap dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan,” ujar Tommy.

“AM Prisma Plus, merupakan asuransi mikro yang pembayaran preminya hanya sekali pada awal kepesertaan, yakni Rp. 50 ribu untuk perorangan atau dapat juga dibeli paket bersama pasangan seharga Rp. 90 ribu, dan selanjutnya tidak dikenakan lagi selama satu tahun masa berlaku kepesertaan” tegas Anik.

Produk asuransi dari BRI Life ini memberikan santunan kematian akibat kecelakaan hingga Rp19,5 juta. Melalui asuransi ini, nelayan juga dapat melakukan klaim sebesar 5 juta Rupiah untuk santunan cacat fisik akibat kecelakaan, beserta tambahan biaya operasi, santunan rawat inap, dan kematian wajar.

“Pemilihan Aruna dan Qoala, sebagai partner kerjasama BRI Life untuk edukasi dan sosialisasi asuransi bagi masyarakat nelayan sangat tepat.  Aruna yang merupakan platform integrasi pasar hasil laut terbesar di Idonesia adalah juga salah satu perusahaan yang concern terhadap kesejahteraan nelayan dengan data base yang cukup representatif, sementara aplikasi Qoala,  akan sangat membantu penetrasi AM Prisma Plus ke lokasi-lokasi terpencil” tutup Anik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper