Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peringatan 10 Tahun Kebangkitan Pasar Modal Syariah, Ini Evaluasi Dari OJK

Meskipun menunjukkan perkembangan yang pesat selama satu dekade terakhir, industri pasar modal syariah Indonesia perlu terus ditingkatkan.  Salah satu hal yang perlu ditingkatkan adalah variasi produk investasi syariah. 
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 12 April 2021  |  12:35 WIB
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembangan pasar modal syariah perlu terus didorong guna mengoptimalkan ekosistem pasar, dengan pelaku pasar yang memegang prinsip dasar syariah.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen mengatakan, meskipun menunjukkan perkembangan yang pesat selama satu dekade terakhir, industri pasar modal syariah Indonesia perlu terus ditingkatkan. 

Menurutnya, masih terdapat beberapa hal yang perlu dioptimalkan. Salah satu hal yang perlu ditingkatkan adalah variasi produk investasi syariah. 

Hoesen memaparkan variasi produk-produk investasi syariah yang tersedia saat ini belum selengkap dan sedalam produk investasi konvensional.

“Sejauh ini, kita belum memiliki efek beragun aset syariah dan dana investasi real estate syariah, walaupun sudah ada dasar hukumnya,” katanya dalam acara pembukaan Satu Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah Indonesia, Senin (12/4/2021).

Selain itu, hal lain yang masih membayangi produk investasi syariah adalah masalah penyalahgunaan. Dia mengatakan, saat ini masih ada pelaku-pelaku tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan produk syariah untuk melakukan tindakan-tindakan ilegal.

Oleh karena itu, Hoesen meminta kepada seluruh pemangku kepentingan terkait untuk memegang prinsip dasar syariah, yakni karakter dan amanah. Hal ini sejalan dengan misi pengembangan pasar modal Indonesia untuk 2021 – 2024.

Di sisi lain, edukasi dan literasi masyarakat terkait produk-produk investasi syariah juga wajib ditingkatkan. Menurutnya, program edukasi seperti sekolah pasar modal syariah dapat menjadi salah satu pintu masuk potensial untuk investor baru.

“Untuk memanfaatkan peluang-peluang yang telah dan akan muncul kedepannya memang perlu sinergi antar stakeholder, mulai dari OJK, BEI, perusahaan efek, wali amanat, hingga para pendidik,” pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar modal syariah OJK keuangan syariah
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top