Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Marco Prince Lepas Sebagian Saham Bank MNC (BBAP), Berapa Dana yang Diraup?

Berdasarkan keterbukaan informasinya (21/4/2021), porsi kepemilikan Marco Prince berkurang dari 10,48% menjadi 9,74%. Transaksi terjadi pada bulan lalu. Dengan asumsi harga BBAP pada bulan lalu berkisar Rp90, maka Marco Prince mendapat dana sekitar Rp16,75 miliar.
Karyawan MNC Bank melayani nasabah/Istimewa
Karyawan MNC Bank melayani nasabah/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemegang saham PT Bank MNC Internasional Tbk. Marco Prince Corp melepas 186,14 juta lembar saham emiten berkode BABP tersebut. 

Berdasarkan keterbukaan informasinya (21/4/2021), porsi kepemilikan Marco Prince berkurang dari 10,48% menjadi 9,74%. Transaksi terjadi pada bulan Maret lalu. Dengan asumsi harga BABP pada bulan lalu berkisar Rp90, maka Marco Prince mendapat dana sekitar Rp16,75 miliar. Namun, apabila menggunakan harga tertinggi BABP yang mencapai Rp151 pada 8 Maret, maka perolehan dana diperkirakan tembus Rp28,1 miliar.

Jumlah perolehan dana ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pelepasan saham Marco Prince yang terjadi pada 2019 lalu. Harga BABP bergerak di kisaran 49. Pada saat itu, Marco Prince masih memiliki porsi saham 12,18%.

Adapun, MNC Bank bekomitmen menjadi bank digital aplikasi Motion. Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo memaparkan tahap-tahap yang akan mendorong MNC Bank menjadi bank digital terdepan.

Pertama, untuk digital onboarding, awalnya akan fokus di saving account/Tabungan Motion. Kedua, setelah digital onboarding tabungan, langkah berikutnya digital onboarding online credit card untuk jenis kartu kredit Visa yang akan masuk ke Motion, di mana proses registrasi hingga approval kartu kredit sampai dengan pembayaran juga ada di dalam Motion.

Ketiga, karena semua dapat dilakukan online, lanjut Hary, Motion akan memaksimalkan userbase MNC Group, termasuk pelanggan Pay TV MNC Group yang saat ini di atas 8 juta.

Pada akhir tahun 2021, pelanggan Pay TV MNC Group diperkirakan di atas 10 juta, selanjutnya diproyeksikan naik menjadi 13 juta pada 2022 dan 16 juta pada 2023.

Keempat, Motion juga akan mengoptimalkan konversi 200 juta lebih userbase MNC Group menjadi nasabahnya.

"Seluruh userbase MNC Group, termasuk televisi, portal dan media sosial yang mencapai lebih dari 200 juta userbase. Terbesar di Tanah Air!," ungkap Hary dalam keterangan resmi.

Kelima, lanjut Hary, manajemen optimistis dengan keberadaan Motion BABP menjadi digital bank dan memanfaatkan ekosistem MNC Group yang memiliki userbase sangat besar, pertumbuhan rekening Tabungan Motion akan pesat sekali dan dapat menjadi yang terdepan.

Keenam, Dengan userbase MNC Group yang sangat besar tersebut, MNC Bank tetap terbuka berkolaborasi dengan investor strategis yang juga memiliki userbase besar, sehingga sinergi yang dihasilkan akan sangat luar biasa.

Seperti diketahui, bila izin tersebut disetujui OJK, aplikasi Motion akan mempermudah nasabah maupun masyarakat umum untuk membuka rekening tabungan MNC Bank tanpa perlu lagi hadir ke cabang secara fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper