Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Strategi OJK Kembangkan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Peran sektor jasa keuangan menjadi sangat krusial sebagai katalisator dan motor penggerak, termasuk dari sektor ekonomi dan keuangan syariah.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 03 Mei 2021  |  09:33 WIB
Karyawan menjawab telepon di Call Center Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan menjawab telepon di Call Center Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, peran sektor jasa keuangan menjadi sangat krusial sebagai katalisator dan motor penggerak, termasuk tentunya peran dari sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Dalam publikasinya hari ini, Senin (3/5/2021), OJK mengungkapkan sektor jasa keuangan syariah terbukti memiliki resiliensi atau daya tahan yang baik di masa pandemi hingga periode recovery saat ini. Apalagi Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ke depannya.

Data OJK menunjukkan per Februari 2021 total aset keuangan syariah Indonesia (tidak termasuk saham syariah) mencapai Rp1.836,57 triliun, atau tumbuh 23,52 persen secara yoy.

Aset pasar modal syariah menjadi yang paling besar yakni Rp1.116,67 triliun. Diikuti aset perbankan syariah sebesar Rp602,50 triliun. Selanjutnya, aset IKNB syariah sebesar Rp117,40 triliun.

Sejumlah strategi dilakukan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Pertama, dengan mewujudkan bank syariah berskala besar.

Adanya bank syariah berskala besar harapannya dapat menjadi pengampu sektor keuangan syariah. Di samping itu, bank syariah berskala besar dapat memiliki produk dan layanan keuangan syariah yang berdaya saing.

OJK juga terus memperluas akses pemasaran industri halal. Hal itu dilakukan dengan peluasan instrumen pembiayaan untuk industri halal, serta perluasan pemasaran produk industri halal melalui platform digital (UMKMMU).

Berikutnya, OJK membangun ekosistem keuangan syariah terintegrasi, melalui pemberdayaan ekonomi umat, memperluas akses pembiayaan dalam satu ekosistem keuangan syariah terintegrasi, dan digitalisasi sektor jasa keuangan syariah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi syariah OJK keuangan syariah
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top