Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Investasi Bitcoin? Ikuti 5 Langkah Ini!

Kenali risiko berinvestasi sebelum memulainya. Berikut beberapa tips untuk berinvestasi dalam produk bitcoin.
Kenali risiko investasi Bitcoin. Setiap investasi memiliki untung dan risiko./REUTERS-Dado Ruvic
Kenali risiko investasi Bitcoin. Setiap investasi memiliki untung dan risiko./REUTERS-Dado Ruvic

Bisnis.com, JAKARTA - Aset cryptocurrency menjadi perbincangan hangat, salah satunya Bitcoin. Bitcoin menjadi semakin populer di kalangan investor saat ini.

Baru-baru ini, penilaian Bitcoin telah meningkat lebih dari 763% hanya dalam satu tahun, dengan mudah melampaui keuntungan tradisional di pasar saham.

Bitcoin merupakan salah satu jenis cryptocurrency yang saat ini paling banyak digunakan. Aset kripto ini dibuat oleh pemrogram dengan menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin diciptakan untuk memecahkan beberapa kekurangan mata uang kripto yang besar.

Belum terlambat untuk memulai berinvestasi Bitcoin. Berikut lima langkah mudah dalam berinvestasi Bitcoin.

1. Bergabung dengan Bitcoin Exchange

Anda harus menentukan di mana ingin melakukan pembelian Bitcoin. Bitcoin tidak memiliki perusahaan resmi yang khusus menjual aset kripto ini karena Bitcoin adalah teknologi sumber terbuka, tetapi ada beberapa pertukaran berbeda yang memfasilitasi transaksi Bitcoin. Pertukaran ini adalah perantara investasi cryptocurrency, seperti pialang saham.

Jika Anda memutuskan untuk membeli dari bursa, Anda harus memutuskan dari bursa mana Anda ingin membeli. Berikut dua opsi yang paling populer:

Coinbase: Pertukaran crypto yang sangat populer yang menjamin kerugian jika terjadi pelanggaran keamanan atau transfer curang.

Bitfinex: Pertukaran mata uang kripto terlama yang dioptimalkan untuk pedagang dan pemberi pinjaman tingkat lanjut.

2. Dapatnya Bitcoin Wallet

Saat Anda membeli Bitcoin, koin tersebut disimpan dalam dompet digital. Ada dua jenis dompet yang bisa Anda dapatkan yakni, “hot wallet” atau “cold wallet.”

Hot wallet adalah dompet yang dioperasikan oleh pertukaran mata uang kripto Anda atau oleh penyedia. Hot wallet memberikan Anda kenyamanan karena Anda akan dapat mengakses koin Anda melalui internet atau program perangkat lunak.

Electrum dan Miselium merupakan dua hot wallet yang terkenal. Namun, hot wallet bukanlah bentuk penyimpanan koin yang paling aman. Jika penyedia hot wallet diretas, informasi koin Anda mungkin berisiko.

Cold wallet adalah metode penyimpanan paling aman untuk koin Anda. Cold wallet adalah perangkat keras sebenarnya yang menyimpan koin Anda, biasanya, perangkat portabel yang mirip dengan flash drive. Kebanyakan dompet dingin berharga antara 60 - 100 dollar. Ada dua cold wallet yang populer yakni Trezor dan Ledger Nano.

Jika Anda hanya membeli koin dalam jumlah kecil maka hot wallet dapat menjadi pilihan dengan menambahkan asuransi. Tetapi sebaliknya, jika Anda akan berinvestasi dalam jumlah besar, cold wallet dapat menjadi pilihan.

3. Hubungan Bitcoin Wallet ke Rekening Bank

Setelah mendapatkan dompet, Anda perlu menghubungkan dompet tersebut ke rekening bank Anda. Hal ini Ini memungkinkan Anda untuk membeli koin dan menjual koin dengan mudah. Anda juga bisa menghubungkan rekening anda langsung ke akun pertukaran mata uang kripto.

cara investasi di bitcoin
cara investasi di bitcoin

4. Mulai Berbelanja Bitcoin

Ketika ketiga langkah sudah selesai, maka Anda sudah siap untuk membeli Bitcoin. Beberapa koin berharga ribuan dolar, tetapi pertukaran sering kali memungkinkan Anda membeli pecahan dari satu koin, anda dapat melakukan investasi dari 25 dolar.

Berinvestasi dalam Bitcoin sangat berisiko, dan penting bagi Anda untuk hati-hati menentukan toleransi risiko dan meninjau strategi investasi Anda sebelum membeli Bitcoin apa pun.

5. Kelola investasi Bitcoin

Setelah membeli Bitcoin anda dapat menggunakan Bitcoin untuk bertransaksi secara daring atau disimpan dalam jangka waktu tertentu dengan harapan nilai Bitcoin akan naik.

Lakukan perdagangan harian dengan membeli dan menjual koin dengan pemilik Bitcoin lain, yang dapat difasilitasi di bursa mata uang kripto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper