Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembiayaan via Kanal Digital Adira Finance (ADMF) Mulai Dilirik Nasabah

Channel digital Adira Finance (ADMF) antara lain website momobil.id, momotor.id, dicicilaja.com, serta aplikasi smartphone Adiraku.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  17:47 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Finance di Jakarta. Bisnis - Endang Muchtar
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Finance di Jakarta. Bisnis - Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) mengaku mulai meraup berkah dari pengembangan platform digital miliknya, yang mencakup marketplace otomotif hingga aplikasi pembiayaan via website & mobile apps.

Harry Latif, Direktur Portofolio Adira Finance, menjelaskan bahwa hal ini mulai tampak selama momentum ramainya pengajuan kredit baru dan perbaikan piutang pembiayaan selama periode 2021.

"Pembiayaan Adira Finance mengalami perbaikan. Hal ini ditandai pembiayaan baru pada April 2021 yang tumbuh sekitar 11 persen secara bulanan dibandingkan Maret 2021. Objek pembiayaan baru perusahaan di periode 4 bulan 2021 sebagian besar dari sektor pembiayaan kendaraan bermotor," jelasnya kepada Bisnis, Selasa (8/6/2021).

Sebagai gambaran, sepanjang kuartal I/2021 pembiayaan baru ADMF mencapai Rp5,4 triliun atau rata-rata Rp1,8 triliun per bulan. Adapun, ditambah capaian pada April 2021, portofolio perusahaan pembiayaan berkode emiten ADMF ini terdiri dari sepeda motor 44 persen, mobil 37 persen, serta durables & multiguna 18 persen.

Harry menjelaskan bahwa perbaikan ini ditopang pemberlakuan subsidi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil baru serta momentum Hari Raya Idul Fitri.

Namun demikian, ada satu lagi momentum yang menurut Harry berpengaruh besar buat ADMF, yakni event Sahabat Flash Deal pada 5 April sampai 12 Mei 2021, di mana semua produk portofolio Adira Finance mendapatkan promosi khusus pada channel digital.

Antara lain, website momobil.id, momotor.id, dicicilaja.com, serta aplikasi smartphone Adiraku. Program ini berlangsung secara nasional, dan mendapat dukungan dari jaringan mitra dealer di dalam ekosistem Adira Finance.

Harry menjelaskan bahwa pengembangan platform digital merupakan upaya ADMF meningkatkan pelayanan dan mempermudah akses nasabah terhadap pembiayaan.

"Sejauh ini, respons dari masyarakat positif dan diharapkan dapat terus berkembang. Hingga akhir Mei 2021, konsumen yang telah mengunduh aplikasi Adiraku mencapai lebih dari 1,4 juta, dengan sekitar 670.000 konsumen telah melakukan registrasi sejak diperkenalkan pada Februari 2020," tambahnya.

Selain itu, Harry mengungkap bahwa nilai pembiayaan melalui program Sahabat Flash Deal, yaitu promo di channel digital Adira Finance dalam marketplace mobil momobil.id, marketplace motor momotor.id, dan layanan multiguna dicicilaja.com, serta aplikasi Adiraku selama Ramadan, telah mencapai Rp163 miliar.

Harry berharap seiring optimisme pemulihan perekonomian domestik secara bertahap pada 2021, peningkatan daya beli, pendapatan masyarakat, investasi, dan kegiatan ekonomi diperkirakan meningkat, porsi pembiayaan dari kanal digital juga meningkat.

ADMF sendiri memperkirakan pertumbuhan pada pembiayaan baru hingga akhir tahun mencapai 20 persen atau 30 persen dibandingkan tahun lalu, atau senilai Rp22-24 triliun, sejalan dengan proyeksi asosiasi otomotif, AISI dan Gaikindo, di mana penjualan kendaraan dapat tumbuh double digit sepanjang 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance emiten digital adira finance
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top