Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hary Tanoe Bidik MNC Bank Naik Kelas Jadi BUKU III, Perlu Tambahan Modal Rp3,83 Triliun

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan RUPS menyetujui pengeluaran saham baru melalui rights issue sebesar 14,2 miliar saham, di mana pemilik 2 saham lama bisa memperoleh 1 saham baru.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  15:18 WIB
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (tengah) didampingi oleh Direktur Bank MNC Teddy Tee (kiri) dan CTO MNC Group Yudi Hamka menjawab sejumlah pertanyaan dalam public expose PT Bank MNC Intenasional Tbk., Rabu (9/6/2021).  - Dok. MNC
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (tengah) didampingi oleh Direktur Bank MNC Teddy Tee (kiri) dan CTO MNC Group Yudi Hamka menjawab sejumlah pertanyaan dalam public expose PT Bank MNC Intenasional Tbk., Rabu (9/6/2021). - Dok. MNC

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) telah mengantongi restu pemegang saham atas rencana penambahan modal melalui rights issue dan private placement.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan aksi rights issue akan dilakukan pada tahun ini sedangkan private placement akan dicadangkan untuk tahun 2022. Dia menargetkan jumlah dana yang dihimpun dalam aksi korporasi rights issue mampu membawa MNC Bank langsung naik tingkat ke kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) III. 

"Diharapkan dapat selesai akhir Agustus 2021," katanya dalam public expose, Rabu (9/6/2021).

Lantas, berapa perolehan dana yang ditargetkan dari aksi korporasi ini? Meski tidak menyebutkan angka target perolehan dana, dia menargetkan rights issue bisa membawa MNC Bank lompat ke kelompok BUKU III.

Bank BUKU III memiliki modal inti lebih dari Rp5 triliun hingga Rp30 triliun. Sementara itu, per 31 Maret 2021, MNC Bank tercatat memiliki modal inti (tier 1) sebesar Rp1,17 triliun. Artinya, MNC Bank perlu tambahan modal sebesar Rp3,83 triliun untuk bisa masuk ke BUKU III.

"Dana yang ditargetkan untuk diperoleh semakin banyak semakin bagus, kemampuan bank semakin besar, size dari bank makin besar. Tapi yang jelas rights issue harus membuat MNC Bank masuk ke BUKU 3," sebutnya.

Sebelumnya, rapat umum pemegang saham (RUPS) MNC Bank menyetujui penerbitan saham baru melalui rights issue sebesar 14,2 miliar saham, di mana pemilik 2 saham lama bisa memperoleh 1 saham baru.

Sementara itu, non HMETD menawarkan sebanyak 2,5 miliar saham atau maksimal 10% dari total saham yang disetor oleh BABP dengan harga yang akan ditentukan kemudian.

Dana yang diperoleh dari aksi korporasi tersebut akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan MNC Bank, memperluas kapasitas pinjaman MNC Bank dan akuisisi nasabah secara digital untuk mendukung pertumbuhan bisnis, dan mendukung pengembangan MotionBanking sebagai aplikasi perbankan digital paling terintegrasi, termasuk Pengembangan Credit Scoring berbasiskan AI dan pengintegrasian MotionPay serta kartu kredit virtual (Visa dan Mastercard) dan aplikasi fintech terkait lainnya yang dimiliki MNC Group maupun pihak eksternal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan right issue mnc Aksi Korporasi
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top