Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Cara Melunasi Utang Lebih Cepat dan Hemat Uang

Berikut 5 cara dan tips cerdas untuk melunasi utang lebih cepat sekaligus bisa menghemat uang Anda.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  11:06 WIB
Ilustrasi utang kartu kredit - Lifehacker
Ilustrasi utang kartu kredit - Lifehacker

Bisnis.com, JAKARTA - Pengelolaan utang yang tidak baik dapat menghancurkan impian finansial dan kehidupan pribadi Anda.

Banyak orang ingin terbebas dari utang, tetapi tidak berani mengambil langkah nyata. Padahal, melunasi utang lebih cepat dari tanggal jauh tempo bukan hal yang mustahil. Intinya, Anda butuh dedikasi untuk dapat melunasi hutang dan pinjaman dalam waktu lebih cepat.

Berikut 5 cara dan tips cerdas untuk melunasi utang lebih cepat sekaligus bisa menghemat uang Anda.

1. Bayar Kapan Saja
Cara termudah untuk melunasi utang lebih awal, yakni dengan membayar kapan pun Anda bisa. Jumlah yang Anda bayarkan bukan menjadi masalah karena sekecil apapun nilai yang Anda bayarkan, tetap meringankan beban Anda.

2. Lakukan Pembayaran Lebih
Lakukan pembayaran lebih pada setiap bulan atau tahun. Jika dalam satu bulan Anda perlu membayar Rp1,2 juta, maka bayarlah tambahan Rp1,2 juta selama satu tahun.

Bagi pembayaran bulanan Anda dengan 12 dan tambahkan jumlah itu ke setiap pembayaran bulanan. Sebagai contoh, Rp1,2 juta dibagi 12 = Rp100.000. Artinya Anda perlu menambahkan Rp100.000 dalam setiap pembayaran Anda. Maka pembayaran Anda setiap bulannya akan menjadi Rp1,3 juta.

3. Potong Pengeluaran
Perhatikan baik-baik kemana uang Anda pergi dan pisahkan kebutuhan dari keinginan untuk berbelanja. Mulailah berhemat dengan tidak mampir ke kedai kopi atau tempat makan siang favorit Anda.

Jika Anda kesulitan mencari tahu pengeluaran mana yang dapat Anda potong, mulailah dengan menyusun anggaran (budgeting). Anda dapat memanfaatkan aplikasi pengaturan keuangan yang tersedia. Aplikasi tersebut akan membantu mencatat dan mengatur prioritas pengeluaran Anda.

4. Cari Uang Tambahan
Ketika ingin melunasi utang dengan cepat, jangan terlalu fokus untuk menabung. Terkadang, solusi tercepat adalah mendapatkan lebih banyak pendapatan.

Gunakan kemampuan yang Anda miliki untuk mencari penghasilan tambahan, salah satunya dengan menjadi pekerja lepas atau freelancer. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan mobil atau motor Anda untuk menghasilkan uang.

5. Berhenti Membuat Utang Baru
Salah satu kunci penting menghentikan hutang adalah mematikan akarnya, yakni kartu kredit ataupun pinjaman online (pinjol). Biasanya kartu kredit dan pinjol memiliki suku bunga terbesar dibanding hutang lainnya dan itu lah yang membuat hutang semakin menumpuk menjadi senggara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

personal finance utang
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top