Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dear Gen Z! Ini 7 Tips Mengelola Keuangan Memasuki Umur 20-an

Berikut 7 tips bagi usia 20-an lakukan untuk mengelola keuangan. Mulai dari mengumpulkan dana darurat, hindari utang, hingga mulai investasi. 
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  12:05 WIB
Ilustrasi mata uang dolar AS dan rupiah di Money Changer, Jakarta, Senin (19/4/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Ilustrasi mata uang dolar AS dan rupiah di Money Changer, Jakarta, Senin (19/4/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Generasi Z (Gen Z) yang memasuki usia 20-an telah masuk dalam tahap kehidupan dimana sebagian orang sedang membangun karir, menikah, bahkan memulai untuk berkeluarga.

Jika Anda dapat menerapkan kebiasaan keuangan yang baik sejak usia 20-an, maka Anda akan memiliki kondisi finansial yang cemerlang di masa depan.

Melansir dari The Balance, berikut 7 tips bagi usia 20-an lakukan untuk mengelola keuangan. Mulai dari mengumpulkan dana darurat, hindari utang, hingga mulai investasi. 

1. Bangun Dana Darurat
Penting bagi Anda untuk memiliki dana darurat untuk pengeluaran yang tidak direncanakan misalkan dalam darurat medis hingga pemutusan hubungan kerja (PHK). Karena bersifat darurat, sebaiknya dana darurat disimpan dalam instrumen investasi yang berisiko rendah dan mudah dicairkan seperti rekening tabungan.

Untuk pertama kali, mulailah dengan mengalokasikan 2 persen dari gaji selama enam bulan. Kemudian, tingkatkan jumlah mulai dari 1 persen sampai 2 persen setiap enam bulan.

2. Jadikan Uang Muka untuk Berhemat
Jika Anda berencana untuk memiliki rumah, sisihkan uang Anda untuk membayar uang muka rumah yang Anda inginkan. Biasanya jumlah uang muka terbilang rendah atau setidaknya 20 persen. Namun, emakin besar uang muka, maka semakin rendah cicilan yang Anda tanggung.

3. Siapkan Dana Pensiun
Kunci untuk memiliki cukup uang untuk pensiun adalah mulai menyisihkan uang di rekening pensiun sejak dini, dan terus melakukannya secara teratur sampai Anda pensiun.

4. Hindari Utang
Jika Anda terlanjur memiliki utang, mulailah kelola dengan bijak. Anda dapat meluangkan waktu untuk membuat rencana pembayaran sehingga Anda dapat keluar dari jeratan utang. Anda juga memanfaatkan perangkat lunak atau aplikasi pengatur keuangan untuk membantu Anda menjadi bebas utang lebih cepat.

5. Mulai Berinvestasi
Jika Anda mempunyai keinginan untuk menambah pundi-pundi kekayaan, Anda dapat menginvestasikan sejumlah uang Anda pada beberapa instrumen investasi.

Kunci sukses berinvestasi adalah mendiversifikasi portofolio Anda. Anda dapat melakukan ini dengan memegang campuran aset (saham, obligasi, dan uang tunai, misalnya), dan menyebarkan uang Anda ke berbagai investasi di berbagai industri.

6. Fokus Berkarir
Pada usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk membangun karir yang solid. Luangkan waktu untuk menciptakan jaringan profesional yang solid dan pertimbangkan semua opsi yang tersedia.

7. Biasakan Menabung
Mulailah untuk menekan pengeluaran Anda dan menyimpan uang tersebut dalam tabungan. Anda dapat membuat anggaran untuk menempatkan uang pada kebutuhan pokok sekaligus menyisihkan uang untuk ditabung.

Anda perlu memotong anggaran yang jarang Anda gunakan seperti keanggotaan gym atau makan mewah di restoran ternama. Selain itu, untuk berhemat Anda juga dapat berbelanja di toko-toko dengan harga yang lebih terjangkau, memanfaatkan kupon hingga menunggu barang yang Anda inginkan diskon.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

personal finance tips investasi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top