Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asuransi Ibadah Haji, Produk Teranyar Sun Life dan Bank Muamalat

Produk itu memberikan manfaat santunan asuransi 200 persen apabila terjadi risiko meninggal dunia saat berada di Tanah Suci.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 13 Juli 2021  |  16:55 WIB
Prosesi ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. - arabnews
Prosesi ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. - arabnews

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sun Life Financial Indonesia dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. meluncurkan produk asuransi ibadah haji bernama Asuransi Salam Hijrah Amanah. Produk itu dinilai dapat melengkapi persiapan dalam beribadah ke Tanah Suci.

Chief Distribution Officer Sun Life Indonesia Danning Wikanti menjelaskan bahwa Asuransi Salam Hijrah Amanah menawarkan manfaat proteksi bagi para jemaah haji. Perlindungan berlaku bukan hanya saat berada di Tanah Suci, melainkan juga saat ada di Indonesia.

Danning menjabarkan bahwa produk itu memberikan manfaat santunan asuransi 200 persen apabila terjadi risiko meninggal dunia saat berada di Tanah Suci. Lalu, terdapat manfaat santunan asuransi 100 persen jika terjadi risiko meninggal dunia selama masa asuransi.

Selain itu, jika nasabah meninggal dunia selama masa asuransi, termasuk pada saat melaksanakan ibadah kaji, terdapat manfaat bonus santunan tambahan sebesar Rp25 juta. Menurut Danning, manfaat lain yang diberikan adalah tambahan bonus kontribusi setiap tahunnya, mulai dari tahun keenam hingga tahun ke-25, untuk memaksimalkan dana investasi nasabah.

Danning menjelaskan bahwa pihaknya bersama Bank Muamalat meluncurkan asuransi itu karena melihat tren menarik dalam pelaksanaan ibadah haji. Jumlah jamaah haji yang berada di usia produktif terus meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan data Kementerian Agama, jumlah jamaah haji usia 20–40 tahun pada 2017 mencapai 22.051 orang. Jumlahnya meningkat pada 2018 menjadi 22.992 orang, dan terus meningkat pada 2019 menjadi 23.829 orang.

“Fakta ini sejalan dengan hasil studi bertajuk A Changing World: Global Views on Diversity, Gender Equality, Family Life and the Importance of Religion oleh Pew Research Center tahun 2019 lalu. Dalam salah satu temuannya, disebutkan bahwa 83 persen masyarakat Indonesia lebih memandang penting peran agama dalam kehidupannya, dibandingkan dengan 20 tahun lalu,” ujar Danning dalam keterangan resmi pada Selasa (13/7/2021).

Meningkatnya jumlah jamaah haji di usia produktif itu, menurutnya, menunjukkan bahwa generasi muda saat ini menganggap penting untuk tidak lagi menunda ibadah haji. Tren itu mendorong Sun Life dan Bank Muamalat untuk menghadirkan solusi dalam melengkapi persiapan perjalanan ibadah haji.

Direktur Retail Banking Bank Muamalat Indonesia Purnomo B. Soetadi menjelaskan bahwa haji sebagai puncak ibadah umat Islam membutuhkan persiapan yang matang juga panjang. Persiapan itu mencakup fisik, finansial, maupun mental.

"Dengan persiapan yang dirancang sejak dini, diharapkan jamaah dapat meraih ketenangan dalam menjalankan beribadah Haji, karena memiliki perlindungan yang penuh berkah,” ujar Purnomo.

Purnomo menjabarkan bahwa Asuransi Salam Hijrah Amanah memberikan kemudahan berasuransi dengan periode pembayaran yang lebih singkat, yaitu hanya 5 tahun. Hal itu berlaku untuk masa perlindungan yang lebih lama, yakni 25 tahun. Produk itu pun dapat dinikmati oleh nasabah yang hendak melakukan ibadah Umrah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi bank muamalat Ibadah Haji pt sun life financial
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top