Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asuransi Ibadah Haji, Produk Teranyar Sun Life dan Bank Muamalat

Produk itu memberikan manfaat santunan asuransi 200 persen apabila terjadi risiko meninggal dunia saat berada di Tanah Suci.
Prosesi ibadah haji di Mekah, Arab Saudi./arabnews
Prosesi ibadah haji di Mekah, Arab Saudi./arabnews

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sun Life Financial Indonesia dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. meluncurkan produk asuransi ibadah haji bernama Asuransi Salam Hijrah Amanah. Produk itu dinilai dapat melengkapi persiapan dalam beribadah ke Tanah Suci.

Chief Distribution Officer Sun Life Indonesia Danning Wikanti menjelaskan bahwa Asuransi Salam Hijrah Amanah menawarkan manfaat proteksi bagi para jemaah haji. Perlindungan berlaku bukan hanya saat berada di Tanah Suci, melainkan juga saat ada di Indonesia.

Danning menjabarkan bahwa produk itu memberikan manfaat santunan asuransi 200 persen apabila terjadi risiko meninggal dunia saat berada di Tanah Suci. Lalu, terdapat manfaat santunan asuransi 100 persen jika terjadi risiko meninggal dunia selama masa asuransi.

Selain itu, jika nasabah meninggal dunia selama masa asuransi, termasuk pada saat melaksanakan ibadah kaji, terdapat manfaat bonus santunan tambahan sebesar Rp25 juta. Menurut Danning, manfaat lain yang diberikan adalah tambahan bonus kontribusi setiap tahunnya, mulai dari tahun keenam hingga tahun ke-25, untuk memaksimalkan dana investasi nasabah.

Danning menjelaskan bahwa pihaknya bersama Bank Muamalat meluncurkan asuransi itu karena melihat tren menarik dalam pelaksanaan ibadah haji. Jumlah jamaah haji yang berada di usia produktif terus meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan data Kementerian Agama, jumlah jamaah haji usia 20–40 tahun pada 2017 mencapai 22.051 orang. Jumlahnya meningkat pada 2018 menjadi 22.992 orang, dan terus meningkat pada 2019 menjadi 23.829 orang.

“Fakta ini sejalan dengan hasil studi bertajuk A Changing World: Global Views on Diversity, Gender Equality, Family Life and the Importance of Religion oleh Pew Research Center tahun 2019 lalu. Dalam salah satu temuannya, disebutkan bahwa 83 persen masyarakat Indonesia lebih memandang penting peran agama dalam kehidupannya, dibandingkan dengan 20 tahun lalu,” ujar Danning dalam keterangan resmi pada Selasa (13/7/2021).

Meningkatnya jumlah jamaah haji di usia produktif itu, menurutnya, menunjukkan bahwa generasi muda saat ini menganggap penting untuk tidak lagi menunda ibadah haji. Tren itu mendorong Sun Life dan Bank Muamalat untuk menghadirkan solusi dalam melengkapi persiapan perjalanan ibadah haji.

Direktur Retail Banking Bank Muamalat Indonesia Purnomo B. Soetadi menjelaskan bahwa haji sebagai puncak ibadah umat Islam membutuhkan persiapan yang matang juga panjang. Persiapan itu mencakup fisik, finansial, maupun mental.

"Dengan persiapan yang dirancang sejak dini, diharapkan jamaah dapat meraih ketenangan dalam menjalankan beribadah Haji, karena memiliki perlindungan yang penuh berkah,” ujar Purnomo.

Purnomo menjabarkan bahwa Asuransi Salam Hijrah Amanah memberikan kemudahan berasuransi dengan periode pembayaran yang lebih singkat, yaitu hanya 5 tahun. Hal itu berlaku untuk masa perlindungan yang lebih lama, yakni 25 tahun. Produk itu pun dapat dinikmati oleh nasabah yang hendak melakukan ibadah Umrah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper