Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia Daftar Orang Terkaya RI yang Punya Bank. Siapa Saja?

Berikut daftar orang terkaya di Indonesia yang memiliki bank.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 02 Agustus 2021  |  19:59 WIB
Ini Dia Daftar Orang Terkaya RI yang Punya Bank. Siapa Saja?
Ilustrasi Bank - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa orang terkaya di Indonesia berdasarkan Forbes Real Time Billionaires diketahui memiliki bisnis perbankan.

Salah satunya adalah Hartono bersaudara yang betah nangkring di posisi pertama dan kedua sebagai orang paling tajir di Indonesia. Kedua diketahui memiliki bank swasta terbesar di Indonesia, yaitu PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA).

Selain Hartono bersaudara ada juga Komisaris Utama PT Bank Jago Tbk. (ARTO) Jerry Ng dalam daftar orang terkaya di RI yang memiliki bank.

Berikut daftar selengkapnya yang Bisnis rangkum dari data Forbes Real Time Billionaires pada Senin (2/8/2021):

1. Hartono Bersaudara

Budi Hartono/Istimewa

R. Budi Hartono tercatat sebagai orang terkaya di Tanah Air dengan kekayaan bersih senilai US$18 miliar atau setara Rp261 triliun (asumsi kurs Rp14.500 per US dolar). Sementara, Michael Hartono, yang menduduki peringkat kedua memiliki net worth senilai US$17,3 miliar atau sekitar Rp250,85 triliun.

Keduanya memiliki BCA melalui PT Dwimuria Investama Andalan dengan kepemilikan sebesar 54,94 persen. Karena keduanya merupakan pemegang saham Dwimuria Investama Andalan, maka R. Budi Hartono dan Bambang Hartono merupakan pengendali terakhir BCA.

Selain itu, pada komposisi saham yang dimiliki masyarakat, sebesar 2,49 persen dimiliki pihak-pihak yang terafiliasi dengan Dwimuria Investama Andalan dan 1,76 persen dimiliki oleh Anthoni Salim.

2. Jerry Ng

Jerry Ng. /Bisnis.com

Bankir kawakan Jerry Ng masuk ke jajaran 5 orang terkaya di Indonesia berdasarkan daftar Forbes Real Time Billionaires. Jerry Ng tercatat memiliki net worth senilai US$4,6 miliar atau sekitar Rp66,70 triliun. 

Kekayaan yang dimilikinya pun melampaui pengusaha nasional Chairul Tanjung yang berada di posisi 6 dan Sri Dato' Tahir yang berada di posisi 8.

Sebagai informasi, Jerry Ng mengendalikan saham Bank Jago masing-masing lewat PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) sebesar 29,80 persen. Saat ini, Jerry Ng menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Jago (ARTO).

3. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung / bankmega.com

Pengusaha nasional pemilik CT Corp. Chairul Tanjung berada di posisi keenam sebagai orang paling tajir di Tanah Air dengan kekayaan senilai US$4 miliar atau sekitar Rp58 triliun.

Bisnis Chairul Tanjung diketahui bergerak di beberapa sektor, seperti media, ritel, makanan dan minuman, dan finansial. 

Di sektor keuangan, Chairul Tanjung memiliki PT Bank Mega Tbk. (MEGA) dan baru-baru ini mengakuisisi PT Bank Harda Internasional Tbk. (BBHI) yang bersalin nama menjadi PT Allo Bank Indonesia Tbk. Selain itu, Mega Corpora juga belum lama ini membeli saham Bank Bengkulu.

4. Sri Dato' Tahir

Pendiri Grup Mayapada Dato Sri Tahir di Jakarta, Senin (15/10/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Nama Tahir dikenal sebagai pemilik Grup Mayapada, yang membawahi PT Bank Mayapada Tbk. (MAYA). Kekayaan Tahir tercatat senilai US$3,4 miliar atau setara 49,3 triliun.

Dengan kekayaan tersebut, Forbes menempatkan menantu pendiri Grup Lippo Mochtar Riady tersebut di posisi 957 untuk level global dan peringkat 8 orang terkaya di RI.

Saat ini, Tahir menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Mayapada. Berdasarkan situs resmi perseroan, jabatan tersebut diisi oleh Tahir sejak Maret 2013 hingga sekarang.

5. Mochtar Riady

Pendiri Grup Lippo Mochtar Riady /Bisnis-Nurul Hidayat

Mochtar Riady merupakan pendiri Lippo Group, yang bergerak di berbagai sektor seperti real estate, ritel, layanan kesehatan, pendidikan, media, finansial, dan lainnya.

Forbes mencatat kekayaan Mochtar Riady dan keluarga senilai US$2,1 miliar atau sekitar Rp30,45 triliun, yang menempatkannya pada posisi 10 terkaya di RI dan 1.602 secara global.

Berdasarkan situr Lippo Group, Mochtar Riady dikenal sebagai seorang yang mengubah lanskap perbankan Indonesia dan memiliki rekam jejak dalam membangun bank-bank besar dari Bank Buana, Bank Panin, BCA, dan Lippo Bank. 

Adapun, saat ini, bank yang berada di bawah konglomerasi Lippo Group adalah PT Bank Nationalnobu Tbk. (NOBU).

6. Hary Tanoesoedibjo

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Bisnis/Himawan L Nugraha

Nama Hary Tanoesodibjo dikenal sebagai sosok di balik MNC Group, yang merupakan salah satu konglomerasi besar di Tanah Air.

Group ini memiliki investasi di berbagai sektor, yaitu media, layanan keuangan, hiburan, e-commerce, dan lainnya. Hary Tanoe saat ini berada di peringkat orang terkaya ke-20 di RI dan 2.561 secara global dengan kekayaan bersih senilai US$1,1 miliar atau Rp15,95 triliun.

Bank yang berada di bawah bendera MNC Group adalah PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) yang saat ini sedang gencar bertransformasi digital yang terhubung dengan ekosistem MNC Group. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank konglomerat perbankan orang terkaya konglomerasi
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top