Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI (BBNI) Buka Suara Soal Kabar Akuisisi Bank Kecil

Akuisisi bank kecil merupakan alternatif yang sedang dikaji PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. sebagai langkah akselerasi kapabilitas digital.
Gedung BNI/Istimewa
Gedung BNI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) menyatakan akuisisi bank kecil merupakan alternatif yang sedang dikaji sebagai langkah mengembangkan bank digital.

Direktur Keuangan BNI Novita Anggraini mengatakan, akselerasi kapabilitas digital memang sudah menjadi bagian dari program transformasi BNI. Novita pun mengakui saat ini BNI sudah dalam tahap lebih serius terkait transformasi digital ini.

"Akuisisi bank BUKU 1 atau BUKU 2 yang sehat menjadi alternatif yang kami kaji dan tentu dilengkapi dengan kolaborasi dengan global tech company. Kita percaya akan dapat membawa BNI semakin dekat dengan program digitalisasi kami," ujar Novita kepada Bisnis pada Selasa (19/10/2021)

Perseroan meyakini tidak menghadapi kendala terkait pendanaan. Hal ini karena BNI sudah mengeksekusi beberapa program penguatan permodalan pada Maret dan September tahun ini. Di samping itu, kondisi profitabilitas perseroan juga terus membaik.

"Dari sisi pendanaan tidak ada masalah," terangnya.

Berdasarkan catatan Bisnis, rasio kecukupan modal BBNI hingga semester I/2021 masih terjaga dengan CAR 18 persen di atas ketentuan minimum 12 persen. Artinya untuk mengakuisisi suatu bank dengan biaya Rp1-2 triliun seharusnya bukanlah hal yang harus dikhawatirkan oleh BBNI.

Diberitakan sebelumnya, langkah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) untuk mengembangkan bank digital dengan mengakuisisi bank kecil, masuk ke fase cukup serius. Rencana akuisisi bank BUKU 2 yang ditargetkan tuntas pada akhir 2021 merupakan bagian dari strategi anorganik yang bakal dilakukan perseroan untuk memperluas cakupan layanan dan meramaikan peta persaingan bisnis bank digital Tanah Air.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, BNI makin serius dalam menyiapkan pengambilalihan satu bank kecil untuk dijadikan sebagai kendaraan pengembangan bisnis bank digital.

"Akuisisi [rencananya] mengandengn fintech company. Jadi, bisa ditebak arah BNI mungkin akan membentuk usaha bank digital," ujar seorang eksekutif yang mengetahui rencana tersebut, Jumat (15/10/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper