Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mega Insurance Gandeng Cermati Protect Perluas Pasar Asuransi Mobil

Mega Insurance mempermudah pembelian asuransi kendaraan melalui marketplace keuangan Cermati.com.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 13 Desember 2021  |  18:47 WIB
Ilustrasi asuransi - mhibroker.com
Ilustrasi asuransi - mhibroker.com

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance) bekerjasama dengan Cermati Protect atau PT Fokus Solusi Proteksi untuk memasarkan produk asuransi kendaraan Mega Insurance secara digital melalui marketplace keuangan Cermati.com.

Kolaborasi ini bertujuan mempermudah akses pembelian produk asuransi kendaraan Mega Insurance secara online sekaligus memperluas penetrasi pasar asuransi mobil di Tanah Air.

“Memiliki asuransi merupakan salah satu cara efektif untuk melindungi diri dari berbagai risiko finansial ketika musibah terjadi. Selain asuransi kesehatan dan jiwa, asuransi kendaraan juga sangat penting untuk dimiliki saat ini dimana mobilitas dan aktivitas masyarakat berangsur-angsur kembali aktif seiring dengan menurunnya level PPKM,” ujar Juanri, Vice President of Insurance Cermati Protect, melalui keterangan tertulisnya, Senin (13/12/2021).

Di era digitalisasi saat ini, Juanri mengungkapkan pemasaran asuransi secara digital masih memiliki potensi yang sangat besar. Cermati Protect berkolaborasi dengan Cermati.com untuk senantiasa memanfaatkan teknologi sehingga membeli asuransi menjadi praktis.

"Seluruh pengalaman asuransi dapat dilakukan secara digital, mulai dari membandingkan produk, proses pengajuan, pembayaran, menerima e-polis hingga klaim dapat dilakukan dari smartphone," katanya.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total premi asuransi umum dan jiwa yang dipasarkan melalui digital atau insurtech sudah mencapai Rp6 triliun per Juli 2021. Angka ini terhitung menyumbang porsi sebesar 3,94 persen terhadap total premi asuransi umum dan jiwa nasional. Menurut OJK, pemasaran asuransi secara digital terus mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan Mei dan Juni 2021.

Direktur Marketing Mega Insurance Tomy Ferdiansah menjelaskan distribusi produk asuransi mengalami sedikit perubahan dengan adanya kemajuan teknologi dan digitalisasi. Melihat hal ini Mega Insurance akan terus berupaya untuk mengembangkan jalur distribusi pemasaran secara digital.

“Pengembangan jalur distribusi pemasaran asuransi digital ini menjadi perhatian serius kami. Pelanggan akan sangat terbantu dengan adanya akses produk asuransi yang dapat dicapai dengan mudah, cepat, simpel tanpa harus tatap muka, kapan saja dan dimana saja," kata Tomy.

Tomy menyebutkan kemitraan dan kerja sama ini sejalan dengan tagline Mega Insurance yang mengedepankan pengembangan dari berbagai sisi. Semangat untuk memanfaatkan inovasi teknologi demi memahami kebutuhan proteksi pelanggan untuk dapat memberikan asuransi yang tepat sesuai kebutuhan pasar.

“Sebagai salah satu platform digital yang menyediakan banyak pilihan produk asuransi di Indonesia, ini merupakan langkah yang bagus untuk Mega Insurance melebarkan penetrasi pasar asuransi di digital,” imbuh Tomy.

Adapun, produk asuransi kendaraan Mega Insurance sekarang dapat dibeli melalui Cermati.com dan tersedia dua jenis asuransi, yaitu Asuransi Mega All Risk yang memberikan perlindungan menyeluruh (all-risk) yang menjamin kerusakan menyeluruh (total loss) atau kerusakan sebagian (partial loss) dan Asuransi Mega TLO (total loss only), perlindungan kendaraan yang menjamin setiap kerugian kendaraan bermotor jika biaya perbaikan di atas 75 persen dari nilai pertanggungan.

Sementara itu, klaim asuransi kendaraan Mega Insurance yang mudah dan cepat bisa dilakukan melalui aplikasi MIA (Mega Insurance Assistant) atau call centre yang siap sedia selama 24 jam. Lewat fitur ini pengguna Mega Insurance dapat langsung mengajukan klaim tanpa perlu hadir secara fisik.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi asuransi kendaraan bermotor insurtech
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top