Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Meningkat pada November 2021, Tertinggi di Sektor Perdagangan

Hasil survei pada perbankan menunjukkan bahwa saldo bersih tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada November 2021 sebesar 81,7 persen, lebih tinggi dibandingkan SBT pada bulan sebelumnya sebesar 12,7 persen.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 19 Desember 2021  |  12:58 WIB
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan penyaluran kredit baru pada November 2021 terindikasi meningkat jika dibandingkan dengan periode Oktober 2021.

Hasil survei pada perbankan menunjukkan bahwa saldo bersih tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada November 2021 sebesar 81,7 persen, lebih tinggi dibandingkan SBT pada bulan sebelumnya sebesar 12,7 persen.

“Berdasarkan kelompok bank, meningkatnya pertumbuhan penyaluran kredit baru pada November 2021 diperkirakan terjadi pada seluruh kategori bank,” tulis BI dalam laporan Survei Permintaan dan penawaran Pembiayaan Perbankan, Minggu (19/12/2021).

Berdasarkan jenis penggunaannya, pertumbuhan penyaluran kredit baru pada November 2021 diperkirakan meningkat pada jenis kredit modal kerja (KMK), kredit investasi (KI), dan kredit konsumsi selain kredit pemilikan rumah (KPR).

BI mencatat, berdasarkan lapangan usaha, penyaluran kredit baru pada periode ini diprioritaskan pada lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, diikuti industri pengolahan dan konstruksi.

Pada periode Desember 2021, penyaluran kredit baru diperkirakan melambat, terindikasi dari SBT penyaluran kredit baru Desember 2021 sebesar 70,7 persen.

Berdasarkan kelompok bank, pertumbuhan penyaluran kredit baru yang melambat diperkirakan terjadi pada seluruh kelompok bank.

Sementara itu, berdasarkan jenis penggunaannya, pertumbuhan kredit baru yang melambat diperkirakan terjadi pada jenis kredit modal kerja dan kredit investasi.

Adapun, BI mencatat fungsi intermediasi perbankan terus membaik dengan pertumbuhan kredit sebesar 4,73 persen secara tahunan pada November 2021.

Pertumbuhan kredit tersebut merata pada semua jenis penggunaan, baik kredit modal kerja, kredit investasi maupun kredit konsumsi, yang masing-masing tercatat tumbuh sebesar 5,38 persen, 4,30 persen, dan 4,11 persen secara tahunan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia pertumbuhan kredit penyaluran kredit
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top