Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI (BBRI) Pastikan Perkuat Kontribusi Kredit ke Sektor UMKM

Saat ini rata-rata penyaluran kredit UMKM secara industri sebesar 19 persen.
Gedung BRI/bri.co.id
Gedung BRI/bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Kepatuhan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), Ahmad Solichin Lutfiyanto memastikan perseroan berkontribusi dalam porsi portofolio untuk penyaluran kredit bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebesar 30 persen pada 2024.

Hal tersebut sebagaimana diamanatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta perbankan untuk mendorong pemberian pinjaman bagi UMKM. Adapun, saat ini rata-rata penyaluran kredit UMKM sebesar 19 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto sebelumnya menyatakan Presiden meminta agar kredit untuk UMKM bisa ditingkatkan menjadi 30 persen pada 2024.

Ahmad menyampaikan, tercatat per September 2021, BRI telah menyalurkan sebanyak 80,5 persen kredit UMKM atau senilai Rp749,3 triliun, di mana terdapat lebih dari 13 juta nasabah UMKM BRI.

“BRI pasti berkontribusi [terhadap penyaluran kredit UMKM], karena BRI sekarang posisi terakhir alhamdulillah UMKM BRI sudah 81 persen,” kata Ahmad dalam diskusi virtual, Selasa (28/12/2021).

Dengan demikian, sambung Ahmad, nantinya bisa memberikan bantuan juga baik kepada Himbara maupun juga kepada industri agar harapan Jokowi untuk portofolio UMKM 30 persen bisa tercapai.

Selain itu, penyaluran KUR BRI telah mencapai Rp140 triliun dan 55 persen kontribusi terhadap penyaluran kredit UMKM nasional per September 2021, sedangkan, kredit korporasi telah tersalurkan sebanyak 19,5 persen atau Rp181,7 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper