Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singtel dan Grab Masuk, Ini Komposisi Anyar Pemegang Saham Bank Fama

Grab dan Singtel disebutkan telah mengambil bagian, masing-masing sebesar 2.355.004.657 saham baru Bank Fama.
Logo Bank Fama/bankfama.co.id
Logo Bank Fama/bankfama.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) mengumumkan masuknya mitra strategis untuk mengembangkan PT Bank Fama International.

Sebagaimana diketahui, EMTK melalui anak usahanya, PT Elang Media Visitama (EMV) merupakan pemegang saham terbesar Bank Fama.

Dalam keterbukaan kepada BEI pada Jumat (21/1/2022), disebutkan EMV telah mengundang A5-DB Holdings Pte. Ltd, yang merupakan anak usaha dari Grab Holdings Limited (Grab) dan Singtel Alpha Investments Pte. Ltd, yang merupakan bagian dari Singtel Telecommunications Limited (Singtel) untuk ikut berpartisipasi melakukan penyertaan modal dalam penerbitan saham baru Bank Fama.

Grab dan Singtel disebutkan telah mengambil bagian, masing-masing sebesar 2.355.004.657 saham baru Bank Fama. Jumlah ini setara dengan 16,26 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan yang telah ditingkatkan. Tanggal kejadian disebutkan pada 19 Januari 2022.

Usai penerbitan saham baru rampung, kepemilikan EMV di Bank Fama menjadi 62,76 persen. Lalu, PT Nusantara Berkat Agung sebesar 4,72 persen, Grab mengenggam 16,26 persen, dan Singtel sebesar 16,26 persen.

Adapun, penyertaan saham oleh Grab dan Singtel telah diaktakan dalam Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham PT Bank Fama International Nomor 2 tanggal 5 Januari 2022.

Sebelumnya, dilansir dari businesstime.com.sg, Singtel mencaplok 16,3 persen saham Bank Fama dengan nilai sekitar Rp500 miliar.

Dalam sebuah pengajuan kepada Bursa pada Jumat (21/1/2022), perusahaan telekomunikasi tersebut menyatakan telah mengakuisisi 2,4 miliar saham baru yang diterbitkan oleh Bank Fama. Aksi ini merupakan bagian dari rencana Singtel untuk menjaring potensi perbankan di Indonesia.

Singtel menyadari bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses perbankan dan jumlahnya paling besar di kawasan Asia Tenggara. Perusahaan ini menargetkan investasi tersebut bisa mendorong pengembangan digital Bank Fama dan inklusi keuangan yang lebih besar. Dana yang digunakan untuk aksi ini disebutkan berasal dari internal.

Sebagai informasi, saat ini investor Bank Fama terdiri dari perusahaan teknologi raksasi Grab, yang juga merupakan perusahaan patungan (joint venture) dengan Singtel untuk mengoperasikan bank digital di Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper