Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Aladin (BANK) Gandeng Google Cloud Dorong Inklusi Keuangan Syariah

Kemarin (26/1/2022), Bank Aladin (BANK) mengumumkan kolaborasi dengan Google Cloud Indonesia guna menyediakan infrastruktur yang terukur dan efisien bagi perseroan.
Karyawati menggunakan aplikasi mobile Bank Aladin di Jakarta, Rabu (26/1/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawati menggunakan aplikasi mobile Bank Aladin di Jakarta, Rabu (26/1/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK) mengumumkan kolaborasi dengan Google Cloud Indonesia guna mendorong inklusi keuangan dengan prinsip syariah.

Presiden Direktur Aladin Bank Dyota Marsudi mengatakan kemitraan strategis dengan Google ini akan menyediakan infrastruktur yang terukur dan efisien untuk Aladin Bank dan memungkinkan untuk melanjutkan misi menciptakan pengalaman perbankan baru bagi masyarakat guna mendorong inklusi keuangan dengan prinsip syariah.

"Kami menghargai Google sebagai mitra kami di industri perbankan digital Indonesia," terangnya dalam siaran pers di Bursa Efek Indonesia pada Rabu (26/1/2022). 

Dengan memanfaatkan kecepatan Google Cloud, kolaborasi ini akan memberikan Aladin Bank komputasi yang andal dan aman, penyimpanan, dan layanan jaringan dengan host Google Cloud yang berada di wilayah Jakarta. Didirikan di Indonesia sejak Juni 2022, Google Cloud membangun infrastruktur lokal yang mendukung Aladin bank dalam memenuhi persyaratan peraturan, kepatuhan serta mempercepat inovasi dari dekat.

"Industri perbankan digital di Indonesia sedang berkembang dan kami berinvestasi dalam infrastruktur lokal dan ekosistem pengembang untuk mendukung kesuksesan pelanggan kami yang berharga seperti Aladin Bank, " kata Megawaty Khie, Country Director, Google Cloud Indonesia.

"Sebagai pemain perbankan digital baru di Indonesia, Aladin Bank berada di posisi yang tepat untuk menghadirkan solusi inovatif yang bermanfaat untuk semua ukuran organisasi, terutama UMKM yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia, dan kami senang dapat bermitra dengan Aladin Bank dalam perjalanan mereka," imbuhnya. 

CTO Aladin bank, Budi Kusmiantoro yang dahulu seorang Googler selama 10 tahun, juga menyambut baik kemitraan ini dengan antusias. "Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Google untuk kesuksesan jangka panjang yang mencakup bidang-bidang seperti layanan cloud, scalable infrastructure, data analytic, dan machine learning,".

"Tim internal kami dapat menerima dukungan dan pelatihan yang kuat dari para engineer Google Cloud di Asia Tenggara, yang akan membantu meningkatkan ketrampilan talenta kami di Indonesia. Tim teknologi kami menjadi lebih yakin karena bisa mendapatkan keahlian Google Cloud kapanpun dibutuhkan".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper