Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jenis dan Daftar Bunga Pinjaman di Pegadaian Terbaru

Berikut rincian jenis dan bunga pinjaman di Pegadaian terbaru per Februari 2022
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 08 Februari 2022  |  13:03 WIB
Karyawan melintas didekat logo  PT Pengadaian (Persero) di Jakarta, Senin (17/2/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan melintas didekat logo PT Pengadaian (Persero) di Jakarta, Senin (17/2/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Mengambil pinjaman di Pegadaian merupakan salah satu solusi bagi masyarakat yang dihadapkan dengan kebutuhan yang cukup mendesak. Simak jenis dan daftar bunga pinjaman di Pegadaian.

Pegadaian merupakan salah satu perusahaan perseroan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melakukan bisnis sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 31 tahun 2016.

Selain aman, bunga pinjaman yang ditawarkan oleh pihak Pegadaian juga tergolong cukup ringan dengan barang agunan sudah diasuransikan.

Berikut rincian jenis dan bunga pinjaman di Pegadaian per Februari 2022

1. Produk Gadai Emas, Non Emas, dan Kendaraan

Gadai Emas adalah produk pinjaman berupa gadai emas baik batangan atau perhiasan. Yang membedakan antara Gadai Emas dengan Non Emas adalah barang jaminannya. Gadai Non Emas bisa dilakukan dengan jaminan alat elektronik, laptop, atau handphone. Sedangkan Gadai Kendaraan, seperti namanya, maka barang jaminannya adalah kendaraan baik roda dua maupun empat.

Bunga gadai emas di Pegadaian atau barang lain yang dibebankan untuk pinjaman ini adalah 1-2 persen per 15 hari. Untuk biaya administrasi yang harus dibayar yakni sebesar Rp2.000 – Rp125.000.

Selain itu, Nasabah yang mengajukan gadai emas juga dapat melakukan pembayaran angsuran yang dilakukan secara bulanan. Dengan biaya administrasi yang dibebankan yakni mulai dari Rp10 ribu hingga Rp200 ribu.

2. Produk Pinjaman Usaha

Produk Pegadaian Pinjaman Usaha adalah proses pemberian pinjaman yang diperuntukan kepada para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor.

Produk Pinjaman Usaha membagi 3 kategori yang dapat dipilih oleh calon nasabah, diantaranya:
- Pinjaman Usaha Ultra Mikro: Pinjaman dengan konstruksi penjaminan kredit atau jaminan gadai yang ditujukan pada pengusaha kecil yang membutuhkan dana di bawah Rp10 juta untuk pengembangan usahanya. Untuk mendapatkan pinjaman ini, nasabah tidak boleh memiliki pembiayaan KUR dari lembaga keuangan lain.

- Pinjaman Usaha Fleksi: pinjaman dengan jaminan gadai pada pengusaha mikro yang membutuhkan dana untuk pengembangan usaha dimana angsurannya dilakukan dalam sekali bayar atau bertahap dalam jangka waktu tertentu.

- Pinjaman Usaha Express Loan: pinjaman untuk ultra mikro atau start up berbasis komunitas dengan jaminan 2,5 persen dari uang pinjaman. Uang pinjaman mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp5.000.000.

Bunga Pinjaman usaha untuk uang pinjaman mulai dari Rp. 10 juta – Rp. 500 juta ialah 1 - 1,15 persen per bulan, dengan biaya administrasi sebesar 0,5 - 1 persen per transaksi dalam jangka waktu peminjaman antara 1-36 bulan.

3. Produk Gadai Efek

Gadai Efek merupakan layanan pinjaman dengan jaminan berupa saham atau obligasi yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam jangka waktu 90 hari.

Berikut ini beberapa biaya dan bunga untuk produk Gadai Efek Pegadaian.

- Mutasi Kustodian sebesar Rp49.000 per jenis efek atau transaksi
- Administrasi sebesag 0,25 persen dari uang pinjaman
- Disbarment sebesar Rp2.500
- Serta bunga atau sewa modal sebesar 15 persen per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pinjaman pegadaian suku bunga kredit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top