Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Gibran Banyak Terima Pengaduan soal Pinjol Ilegal, Ini Harapannya ke OJK

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mendorong sosialisasi terkait pemanfaatan pinjaman online (pinjol) kepada masyarakat.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 11 Februari 2022  |  15:42 WIB
Gibran Banyak Terima Pengaduan soal Pinjol Ilegal, Ini Harapannya ke OJK
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat memberikan keterangan kepada wartawan. ANTARA - Aris Wasita
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat meningkatkan sosialisasi terkait pemanfaatan pinjaman online (pinjol) kepada masyarakat. Menurutnya, hal tersebut penting untuk mencegah masyarakat terjerat pinjol ilegal.

"Saya berharap OJK terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat lebih intens terkait pemanfaatan pinjaman online yang masyarakat harus paham perumusan peraturan dan kebijakan terkait pinjaman online. Hal ini penting untuk mencegah adanya nasabah yang terjerat pinjaman online ilegal," ujar Gibran dalam webinar Pinjaman Online Legal atau Ilegal: Kebutuhan Masyarakat dan Penegakan Hukum, Jumat (11/2/2022).

Dia mengatakan, pinjol telah menjadi isu hangat dalam beberapa tahun terakhir ini. Seiring dengan banyaknya pemanfaatan layanan pinjol, dirinya juga banyak mendapat aduan dari masyarakat yang terjebak pinjol ilegal.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam memanfaatkan layanan pinjaman, terutama dari sistem pinjaman online.

"Memang banyak kemudahan yang didapatkan melalui pinjaman online. Namun, masyarakat harus dapat membedakan pinjaman online ilegal dan yang tercatat secara resmi di OJK," kata Gibran.

Menurutnya, masyarakat juga perlu memahami literasi digital di bidang fintech, seperti teknologi yang digunakan pinjol, pola kesepakatan, dan izin akses pada perangkat yang digunakan oleh nasabah. Oleh karena itu, dia menilai edukasi kepada masyarakat menjadi hal yang penting untuk memberantas pinjol ilegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ilegal Gibran Rakabuming Raka Pinjaman Online pinjol
Editor : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top