Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dekati Komunitas Otomotif, Mandiri Utama Finance (MUF) Incar Kredit Kendaraan Premium

Mandiri Utama Finance memilih strategi memanfaatkan ekosistem komunitas otomotif demi membangun kedekatan dengan anggota yang potensial sebagai calon debitur.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 28 Februari 2022  |  00:19 WIB
Nasabah Mandiri Utama Finance - muf.co.id
Nasabah Mandiri Utama Finance - muf.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Mandiri Utama Finance (MUF) mulai mencoba masuk ke ranah pembiayaan mobil dan motor premium lewat strategi membangun jaringan dengan komunitas otomotif.

Direktur Utama MUF Stanley Setia Atmadja menjelaskan bahwa strategi ini merupakan kelanjutan produk kredit kendaraan premium bertajuk MUF Premium yang telah meluncur pada awal periode 2021 lalu.

Pada awalnya, MUF mengembangkan produk ini untuk mengambil peluang dan belajar menangani konsumen di segmen kendaraan premium. Pasalnya, beberapa brand otomotif di ranah premium memiliki layanan yang tak biasa, seperti pengantaran kendaraan ke rumah atau tukar dengan barang baru apabila terjadi kerusakan tertentu.

"Jadi dari sisi pembiayaan pun konsumen kendaraan premiun itu dalam survei, proses, dan pasca-pembiayaan, itu punya kebutuhan khusus. Kami ingin punya standar layanan yang setara dengan brand atau dealer otomotif yang bermain di segmen ini," ujarnya dalam diskusi terbatas bersama media, dikutip Minggu (27/2/2022).

Terkini, MUF pun mulai melihat terbukanya peluang menjaring konsumen kendaraan premium lebih luas lagi. Pasalnya, konsumen segmen ini biasanya tergabung dengan suatu komunitas otomotif, sebagai bagian dari hobi maupun lifestyle.

Bagi lembaga pembiayaan, menjaring konsumen bagian anggota komunitas otomotif pun bisa menjadi langkah mitigasi risiko atau menjaga kualitas kredit lebih baik.

"Komunitas itu kan jelas, bisa dilihat siapa saja orangnya. Beberapa pun berstatus kolektor, sehingga ada potensinya. Selain itu, cost of credit, attitude, dan kapasitas konsumen di segmen premium sudah pasti terpercaya. Jadi walaupun secara volume mungkin lebih kecil dari non-premium, MUF tetap akan serius masuk ke segmen ini sebagai langkah diverifikasi portofolio," tambahnya.

Direktur Keuangan & Relasi Bisnis MUF Rully Setiawan menambahkan bahwa MUF Premium memiliki layanan khusus, seperti tukar-tambah atau trade-in apabila dalam beberapa tahun setelah transaksi pertama debitur sudah bosan dan berniat berganti kendaraan sejenis.

Ke depan, MUF masih akan menggodok lagi besaran uang muka (down payment/DP), bunga, dan ketentuan terkait lain, agar produk ini semakin relevan buat para konsumen pencinta mobil dan motor sport, klasik, kendaraan hobi, atau mobil dan motor yang identik dengan komunitas.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan Mandiri Utama Finance
Editor : Dwi Nicken Tari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top