Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dekati Komunitas Otomotif, Mandiri Utama Finance (MUF) Incar Kredit Kendaraan Premium

Mandiri Utama Finance memilih strategi memanfaatkan ekosistem komunitas otomotif demi membangun kedekatan dengan anggota yang potensial sebagai calon debitur.
Nasabah Mandiri Utama Finance/muf.co.id
Nasabah Mandiri Utama Finance/muf.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Mandiri Utama Finance (MUF) mulai mencoba masuk ke ranah pembiayaan mobil dan motor premium lewat strategi membangun jaringan dengan komunitas otomotif.

Direktur Utama MUF Stanley Setia Atmadja menjelaskan bahwa strategi ini merupakan kelanjutan produk kredit kendaraan premium bertajuk MUF Premium yang telah meluncur pada awal periode 2021 lalu.

Pada awalnya, MUF mengembangkan produk ini untuk mengambil peluang dan belajar menangani konsumen di segmen kendaraan premium. Pasalnya, beberapa brand otomotif di ranah premium memiliki layanan yang tak biasa, seperti pengantaran kendaraan ke rumah atau tukar dengan barang baru apabila terjadi kerusakan tertentu.

"Jadi dari sisi pembiayaan pun konsumen kendaraan premiun itu dalam survei, proses, dan pasca-pembiayaan, itu punya kebutuhan khusus. Kami ingin punya standar layanan yang setara dengan brand atau dealer otomotif yang bermain di segmen ini," ujarnya dalam diskusi terbatas bersama media, dikutip Minggu (27/2/2022).

Terkini, MUF pun mulai melihat terbukanya peluang menjaring konsumen kendaraan premium lebih luas lagi. Pasalnya, konsumen segmen ini biasanya tergabung dengan suatu komunitas otomotif, sebagai bagian dari hobi maupun lifestyle.

Bagi lembaga pembiayaan, menjaring konsumen bagian anggota komunitas otomotif pun bisa menjadi langkah mitigasi risiko atau menjaga kualitas kredit lebih baik.

"Komunitas itu kan jelas, bisa dilihat siapa saja orangnya. Beberapa pun berstatus kolektor, sehingga ada potensinya. Selain itu, cost of credit, attitude, dan kapasitas konsumen di segmen premium sudah pasti terpercaya. Jadi walaupun secara volume mungkin lebih kecil dari non-premium, MUF tetap akan serius masuk ke segmen ini sebagai langkah diverifikasi portofolio," tambahnya.

Direktur Keuangan & Relasi Bisnis MUF Rully Setiawan menambahkan bahwa MUF Premium memiliki layanan khusus, seperti tukar-tambah atau trade-in apabila dalam beberapa tahun setelah transaksi pertama debitur sudah bosan dan berniat berganti kendaraan sejenis.

Ke depan, MUF masih akan menggodok lagi besaran uang muka (down payment/DP), bunga, dan ketentuan terkait lain, agar produk ini semakin relevan buat para konsumen pencinta mobil dan motor sport, klasik, kendaraan hobi, atau mobil dan motor yang identik dengan komunitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Dwi Nicken Tari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper